Pernikahan Impian: Simak Persiapan Pernikahan Impian dengan Kredit BRIguna
Ilustrasi [Envato]
12:43
12 Januari 2024

Pernikahan Impian: Simak Persiapan Pernikahan Impian dengan Kredit BRIguna

Pernikahan adalah salah satu momen dalam hidup yang istimewa dan membutuhkan begitu banyak hal dalam persiapannya. 

Tidak hanya sekadar gedung dan katering, kamu juga sebaiknya aktif membicarakan masalah finansial termasuk membagi keuangan pasangan sebelum menikah agar tidak menimbulkan masalah di masa depan.

Sayangnya tidak semua pasangan siap membicarakan masalah ini karena khawatir akan dianggap mata duitan. Padahal tidak transparan dengan pasangan dapat memicu masalah, apalagi jika masalah keuangan pribadi kemudian terbawa sampai ketika membangun rumah tangga.

Lalu hal-hal apa saja yang semestinya kamu bahas bersama pasangan sebelum menikah? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Pelajari Keuangan dan Gaya Hidup Masing-masing

Selama masa penjajakan, kamu sewajarnya juga mempelajari gaya hidup dan keuangan pasangan. Kamu tentu harus tahu apakah pasangan kamu tipe seseorang yang punya gaya hidup hedonisme atau malah kelewat pelit terhadap diri sendiri.

Selain itu, kamu dan pasangan juga harus saling terbuka soal masalah keuangan masing-masing. Seperti misalnya terkait tanggungan, utang-piutang, sampai kewajiban lain yang mesti diselesaikan.

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Mengetahui penghasilan masing-masing sudah sewajarnya dilakukan oleh pasangan yang serius hendak menikah. Lalu tentukan seperti apa pembagian tanggung jawab pasca menikah nanti.

Catat dengan detail setiap pemasukan rumah tangga kamu, seperti gaji atau dividen saham. Lalu setelahnya rencanakan bersama pengeluaran rumah tangga kamu.

3. Atur Pola Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga

Tentukan siapa yang akan bertanggung jawab mengelola keuangan pasca menikah. Misalnya ada yang menggabungkan penghasilan suami dan istri lalu dikelola bersama, tetapi ada juga yang menggabungkan penghasilan dan dikelola sepenuhnya oleh istri.

Bahas masalah ini dengan detail, termasuk perihal rekening siapa yang akan dipakai untuk mengelola keuangan rumah tangga.

4. Coba Buat Perjanjian Pranikah

Umumnya setiap orang sudah mempunyai aset pribadi sebelum memutuskan untuk menikah. Bicarakan masalah ini seterbuka mungkin dengan pasanganmu, termasuk kemungkinan membuat perjanjian pranikah.

Dengan perjanjian pranikah, kamu dan pasangan bisa saling sepakat untuk melindungi aset masing-masing sekaligus tidak berbagi harta bersama yang diperoleh setelah pernikahan.

Perjanjian pranikah juga bisa dibuat dengan tujuan melindungi bisnis dari kepailitan hingga mencegah pasanganmu terseret dalam masalah utang-piutang sebelum menikah.

5. Rancang Cita-cita Bersama

Coba duduk bersama pasanganmu dan bahas rencana keuangan di masa depan pasca menikah, misalnya ingin naik haji bersama atau menyekolahkan anak-anak ke luar negeri.

Jangan lewatkan poin ini supaya rumah tanggamu nantinya lebih terarah. Dengan merancang cita-cita bersama, penghasilanmu akan lebih mudah untuk dikelola.

6. Persiapkan Masa Depan

Jangan sampai cita-cita yang dirancang bersama berakhir tanpa diwujudkan. Alokasikan dana masa depan dengan jelas saat mengelola keuangan rumah tangga. Kamu bisa menabungnya atau mengubahnya menjadi aset dan instrumen lain, misalnya asuransi atau emas.

Kamu dan pasangan juga bisa meraih cita-cita rumah tangga dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari BRI, yaitu Kredit BRIguna.

BRI melalui Kredit BRIguna merupakan fasilitas kredit yang diberikan kepada karyawan tetap yang berpenghasilan di rekening BRI atau pensiunan yang rekening penampungannya di rekening BRI. Kredit BRIguna dapat menjadi solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan debitur untuk berani dalam mewujudkan perencanaan baik konsumtif maupun produktif.

Terutama untuk kamu calon mempelai yang #BeraniWujudkanMimpi bersama pasangan, kamu bisa melakukan apply BRIguna Digital melalui BRImo. Yuk simak cara pengajuannya:

  • Pastikan kamu sudah mengaktifasi BRImo terlebih dahulu
  • Pilih menu “Lainnya”
  • Kemudian pilih ikon “Pinjaman BRI”
  • Pilih “Ajukan Baru”
  • Lalu pilih “Kredit Konsumtif”
  • Terakhir pilih “BRIguna”

Mudah dan cepat banget kan caranya? So, udah gak perlu mikir-mikir lagi kan buat apply Kredit BRIguna sekarang? Psst ada info lagi nih, plafonnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan yang paling penting suku bunganya kompetitif. Jadi tunggu apalagi? Segera akukan Kredit BRIgunamu sekarang juga!.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #pernikahan #impian #simak #persiapan #pernikahan #impian #dengan #kredit #briguna

KOMENTAR