Segini Gaji dan Tunjangan AHY Jika Dilantik Jadi Menteri
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). [Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
08:40
21 Februari 2024

Segini Gaji dan Tunjangan AHY Jika Dilantik Jadi Menteri

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimukti Yudhoyono (AHY) santer dikabarkan menjadi menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anak mantan Presiden ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) digadang -gadang akan mengisi kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dikabarkan, AHY akan dilantik hari ini (21/2) pada pukul 11.00 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Terlepas dari hal itu, setelah dilantik menjadi menteri, AHY akan mendapatkan sejumlah gaji, tunjangan dan fasilitas.

Besaran gaji dan tunjangan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 75/2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara dan Anggota Lembaga Tinggi Negara serta Uang Kehormatan Anggota Lembaga Tertinggi Negara.


Alasan Pemindahan ASN ke IKN Nusantara Ditunda

Selain itu, tunjangan menteri juga diatur sesuai Keputusan Presiden (Keppres) 68/2001, di mana tunjangan ini untuk pejabat negara tertentu seperti, Jaksa Agung, Panglima TNI, hingga pejabat lain.

Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencoblos di TPS 101 yang bertempat di SDN Cipete Utara 09, Jakarta Selatan pada Rabu (14/02/24). (Suara.com/Muhammad Iqbal Fathurahman)Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencoblos di TPS 101 yang bertempat di SDN Cipete Utara 09, Jakarta Selatan pada Rabu (14/02/24). (Suara.com/Muhammad Iqbal Fathurahman)

Sedangkan, besaran gaji pokok menteri sesuai PP 75/2000 hanya sebesar Rp 5.040.000 per bulan, ditambah dengan tunjangan jabatan hingga mencapai Rp 13.608.000.

Kemudian, AHY juga akan mendapat tunjangan lain hingga dana operasional. Perlu diketahui, biaya operasional yang didapat oleh menteri hanya diperuntukkan membiayai kegiatan menteri dan bukan untuk kepentingan pribadi.

Tak hanya itu, AHY akan mendapatkan fasilitas rumah hingga mobil dinas.

Sebelumnya, Kabar bakal dilantiknya Hadi Tjahjanto sebagai Menkopolhukam mulanya dihembuskan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI yang juga politisi NasDem Ahmad Sahroni.

"Saya dengarnya begitu, besok (hari ini) dilantik," ujar Sahroni saat dikonfirmasi, Selasa (20/2/2024).

Nah, seturut kabar itu, nama AHY disebut-sebut bakal diangkat Jokowi untuk menggantikan Hadi Tjahjanto.

Bila menilik ke belakang, jika benar AHY jadi dilantik sebagai Menteri ATR hari ini, maka akan menjadi sejarah baru dalam percaturan politik negeri ini. Pertama kalinya dalam sejarah, Partai Demokrat dan PDIP berada dalam satu kubu pemerintahan Presiden Jokowi.

Jokowi sendiri sudah angkat bicara terkait isu pelantikan AHY dan Hadi Tjahjanto sebagai menteri hari ini. Hanya saja, ia tidak membenarkan, tapi juga tidak membantah saat dikonfirmasi awak media.

Presiden ke-7 RI itu meminta publik menunggu pada Rabu hari ini pukul 10.00 WIB.

"Besok ditunggu saja jam 10," kata Jokowi di Ancol, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #segini #gaji #tunjangan #jika #dilantik #jadi #menteri

KOMENTAR