Harga Beras Kian Mencekik, Jokowi Salahkan Cuaca
Presiden Jokowi saat memberikan langsung bantuan pangan cadangan beras pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Gedung Kawasan Pertanian Terpadu, Kota Tangerang Selatan, Banten. Foto: (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
15:05
19 Februari 2024

Harga Beras Kian Mencekik, Jokowi Salahkan Cuaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal harga beras yang akhir-akhir ini mencekik kantong masyarakat.

Dia bilang mahalnya harga beras karena adanya perubahan iklim yang membuat sejumlah wilayah harus mengalami gagal panen.

Jokowi pun mengungkapkan kondisi ini hampir terjadi di seluruh negara di dunia.

"Kenapa naik? Karena ada yang namanya perubahan iklim, ada yang namanya perubahan cuaca sehingga gagal panen, produksi berkurang sehingga harganya jadi naik," kata Jokowi saat memberikan bantuan beras di Gedung Kawasan Pertanian Terpadu, Kota Tangerang Selatan, Banten, Senin (19/2/2024).

Makanya kata Presiden, bansos beras yang digelontorkan pemerintah tentu sangat membantu masyarakat kecil di tengah harga beras yang kian mahal.

"Pemerintah kita membantu bantuan beras ini agar meringankan ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya karena harganya naik tadi," kata Jokowi.

Berdasarkan panel harga pangan hingga hari ini harga beras terus mengalami kenaikan hingga mencetak rekor tertingginya.

Harga beras premium misalnya telah menyentuh Rp16.090/Kg naik sekitar Rp70 dibandingkan harga kemarin, begitu juga dengan harga beras medium yang saat ini dibandrol Rp14.080/Kg naik Rp90 dibandingkan hari sebelumnya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #harga #beras #kian #mencekik #jokowi #salahkan #cuaca

KOMENTAR