Lewat Klingking Fun, Sejumlah Pengusaha Indonesia Ajak Masyarakat Dukung Pemilu Anti Golput
Apindo, Hippindo, dan APPBI gelar Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti Golput. (Istimewa)
13:45
10 Pebruari 2024

Lewat Klingking Fun, Sejumlah Pengusaha Indonesia Ajak Masyarakat Dukung Pemilu Anti Golput

–Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) didukung Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menggelar Klingking Fun: Pesta Diskon, Anti Golput. Acara bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Klingking Fun adalah program kerja sama nasional ketiga asosiasi dan perusahaan ritel, yang memungkinkan masyarakat mendapatkan sejumlah diskon dengan menunjukkan tinta di jari setelah menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS). Program nasional itu dilangsungkan serentak pada hari pemilihan umum, 14 Februari.

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani mengatakan, itu merupakan kali kedua Apindo mengadakan program Klingking Fun. Pertama kali diselenggarakan pada 2019.

”Apindo bersikap netral dalam kontestasi politik dan kembali melaksanakan komitmen dalam mendukung pemilu dengan mendorong masyarakat untuk memilih dan tidak golput dengan menggandeng asosiasi serta pelaku usaha,” kata Shinta dalam keterangannya, Rabu (7/2).

Pelaksanaan program Klingking Fun diharapkan dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Selain itu, lebih menggerakkan roda perekonomian nasional.

Dia menjelaskan, Apindo juga mendorong perusahaan anggota untuk berpartisipasi dengan memberikan diskon bagi para pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

”Program Klingking Fun merupakan inisiatif pengusaha untuk menyambut dan menyemarakkan gelaran pesta demokrasi yang diharapkan juga dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Shinta W. Kamdani.

Senada dengan Shinta, Ketua Panitia Klingking Fun 2024 sekaligus Plt Wakil Ketua Umum Hippindo Fetty Kwartati mengatakan, program itu akan menjadi acara ikonik 5 tahunan bagi masyarakat Indonesia yang sedang menyambut dan mengikuti pesta demokrasi. Penyelenggaraan tahun ini akan lebih meriah yang diikuti lebih banyak peserta retail dan mal.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang telah menentukan pilihan dengan melakukan pencoblosan di TPS pada 14 Februari, bisa langsung mengunjungi mal atau toko ritel terdekat yang mengikuti acara Klingking Fun. Cukup dengan menunjukkan tinta di jari sebagai bukti partisipasi pemilu, masyarakat dapat menikmati diskon-diskon yang menarik.

”Acara ikonik Klingking Fun ini dapat menjadi ajang untuk meredam ketegangan politik karena Pemilu dan sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang telah mengikuti proses demokrasi. Selain itu, kami berharap acara ini juga dapat meningkatkan okupansi kunjungan konsumen ke pusat belanja/mal dan meningkatkan omzet para peritel dan penyewa,” ungkap Fetty.

Selama ini, menurut dia, pusat perbelanjaan telah memiliki program untuk mendukung kesuksesan setiap pemilu yang mana belum terintegrasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder).

”Mulai Pemilu 2024, pusat perbelanjaan Indonesia bergabung dalam program Klingking Fun 2024 bersama dengan Hippindo di bawah koordinasi Apindo agar program ini semakin besar dan kuat dalam mendorong kesuksesan Pemilu 2024, melalui tingkat partisipasi pemilih yang  tinggi,” ujar Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja.

”Dengan bergabungnya berbagai pemangku kepentingan dalam program ini, kami harap Klingking Fun 2024 mampu menjadi program besar yang kuat dan satu-satunya dari industri usaha ritel Indonesia dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” tambah Alphonzus.

Program Klingking Fun rencananya diikuti gerai dan mal di seluruh Indonesia dan akan diperluas ke area rekreasi wisata.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #lewat #klingking #sejumlah #pengusaha #indonesia #ajak #masyarakat #dukung #pemilu #anti #golput

KOMENTAR