Turut Lestarikan Budaya Tenun di Sumbawa Barat, AMMAN Raih Subroto Award 2024
PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) meraih Penghargaan Subroto 2024 berkat program Mantar Berseri. (AMMAN)
23:54
13 Oktober 2024

Turut Lestarikan Budaya Tenun di Sumbawa Barat, AMMAN Raih Subroto Award 2024

- PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) meraih Penghargaan Subroto 2024 pada bidang 'Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Mineral Terinovatif' kategori 'Sosial dan Budaya' pada Kamis (10/10). Adalah program Mantar Berseri, inovasi yang mengantarkan AMMAN meraih Penghargaan Subroto 2024.

Mantar Berseri merupakan program pengembangan budaya tenun di Desa Mantar, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Program ini dijalankan oleh mitra pelaksana yakni Digital Tenun Nusantara (DiTenun).

Mantar Berseri bertujuan untuk melestarikan budaya tenun, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, serta memperkuat kapasitas kewirausahaan dan kelembagaan kelompok tenun di KSB. Tenun Mantar merupakan aset budaya yang berpotensi mendukung industry pariwisata KSB karena awet, mudah diekspor, dan bisa menjadi cinderamata populer bagi wisatawan.

Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara Rachmat Makasau menuturkan, program social yang dijalankan oleh AMMAN bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat untuk tetap berdaya pascaoperasional tambang.

"Kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian ESDM melalui Penghargaan Subroto ini. AMMAN selalu berkolaborasi dengan masyarakat untuk mengidentifikasi potensi program pengembangan masyarakat yang unik dari wilayah KSB dan dapat dikembangkan secara berkelanjutan," kata Rachmat dalam keterangannya dikutip Minggu (13/10).

"Kami membantu pemberdayaan masyarakat sehingga usaha kecil masyarakat dapat tumbuh berkembang dan menjadi penopang ekonomi local dan menyerap tenaga kerja," imbuhnya.

Ketua Kelompok Tenun Mantar Berseri Sri Devi, turut menyampaikan apresiasinya atas berjalannya program ini. "Kami sangat berterima kasih kepada AMMAN dan semua pihak yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar dan mengembangkan diri. Berkat program ini, kami bisa meneruskan tradisi leluhur dan memiliki penghasilan sendiri," ujar Sri.

Penghargaan Subroto bidang PPM Mineral Terinovatif diberikan kepada badan usaha pertambangan komoditas mineral yang mengusulkan inovasi program PPM yang meliputi kebaruan, efektivitas, kebermanfaatan, keberlanjutan, replikasi, dan dampak dari pelaksanaan delapan bidang PPM, sehingga memberikan manfaat secara maksimal bagi masyarakat.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #turut #lestarikan #budaya #tenun #sumbawa #barat #amman #raih #subroto #award #2024

KOMENTAR