Strategi SPMT Turunkan Biaya Logistik di Dalam Negeri
Ilustrasi Kegiatan Terminal Pelabuhan milik SPMT/Dok Pelindo Multi Terminal
17:29
6 Februari 2024

Strategi SPMT Turunkan Biaya Logistik di Dalam Negeri

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berusaha ikut serta dalam penurunan biaya logistik di dalam negeri. Salah satu caranya dengan meningkatkan kinerja operasi dan layanan di terminal pelabuhan.

Direktur Operasi SPMT Arif Rusman Yulianto mengakui, hambatan dalam menurunkan biaya logistik yaitu kinerja pelabuhan yang belum optimal. Dia menjelaskan, kinerja pelayanan ini jadi fokus yang dibenahi SPMT maupun induk usaha Pelindo.

Sebab, menurut dia pelabuhan merupakan faktor kunci yang bisa memperlancar rantai pasok.

"Dari bidang kinerja kami bisa turut terlibat dalam menurunkan biaya logistik Indonesia," ujar Arif dalam media gathering di Surabaya yang ditulis Selasa (6/2/2024).

Dia memaparkan, strategi SPMT dalam meningkatkan kinerja pelabuhan salah satunya dengan mengurangi waktu tinggal kapal atau port stay dan waktu tinggal barang atau cargo stay.

Untuk mengurangi dua waktu itu, SPMT mempersingkat jarak antara waktu kedatangan kapal di dermaga hingga keberangkatannya kembali setelah bongkar muat barang, di mana ada standarisasi layanan tersebut pada setiap pelabuhan.

Selain itu, SPMT juga memastikan kualitas layanan, berbagi pendaptan (Revenue Sharing), sampai tarif yang kompetitif.

Kemudian, layanan-layanan SPMT kekinian telah terintegrasi sistem aplikasi Pelindo Terminal Operation System – Multipurpose (PTOS-M). Dengan adanya, sistem aplikasi ini akan mempermudah pelangan dalam mengguakan layanan-layanan SPMT.

"Dari semua upaya yang kami lakukan ini diharapkan akan berimbas pada penurunan biaya logistik per unitnya," pungkas Arif.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #strategi #spmt #turunkan #biaya #logistik #dalam #negeri

KOMENTAR