Bakal Bangun 2 Juta Rumah di Desa Tiap Tahun, Prabowo Komit Libatkan Kontraktor Kecil hingga BumDes
Foto udara perumahan di kawasan Depok, Jawa Barat, Minggu (6/10/2024). (Salman Toyibi/Jawa Pos)
06:27
12 Oktober 2024

Bakal Bangun 2 Juta Rumah di Desa Tiap Tahun, Prabowo Komit Libatkan Kontraktor Kecil hingga BumDes

- Presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki program 3 juta rumah per tahun. Jumlah tersebut terdiri dari 1 juta hunian berupa apartemen di perkotaan dan 2 juta rumah di pedesaan.

Ketua Satgas Perumahan Prabowo, Hashim Djojohadikusumo mengatakan bahwa Pemerintahan Prabowo-Gibran berkomitmen untuk membuka kesempatan bagi kontraktor kecil, UMKM, maupun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk ikut serta dalam pembangunan tersebut.

"Prabowo ingin 2 juta unit (rumah) di desa dibangun oleh kontraktor kecil, UMKM, koperasi, BUMDes," katanya dalam acara Propertinomic Exclusive Dialogue di Hotel Grand Sahid, ditulis Jumat (11/10).

"Ini sudah affirmative action, kita mau bangun kembali middle class," sambungnya.

Lebih lanjut, Hashim mengatakan, saat ini kelas menengah atau middle class di Indonesia mengalami penurunan walaupun ekonomi di Tanah Air masih berada di kisaran 5 persen. Hal ini dinilai membuat adanya ketimpangan.

Oleh sebab itu, kata dia, agar masyarakat kelas menengah bisa meningkat kembali, pembangunan rumah di desa tidak boleh dilakukan oleh kontraktor besar atau dari kalangan konglomerat. "2 juta rumah setiap tahun di desa reserved untuk pengusaha kecil, kontraktor kecil. 1 juta (rumah di kota) itu terbuka (untuk perusahaan besar)," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan 3 juta rumah akan menjadi program prioritas era Pemerintahan Prabowo-Gibran setiap tahunnya. Sehingga, jumlah rumah yang akan dibangun sampai dengan akhir periode Prabowo-Gibran ditargetkan mencapai 15 juta rumah.

Bahkan, agar target ini dapat dilakukan secara fokus. Pemerintahan Prabowo-Gibran juga akan kembali menghadirkan Kementerian Perumahan Rakyat, sebagai pecahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dari kode yang sempat disampaikan oleh Adik Prabowo ini, besar kemungkinan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 sekaligus pendiri Partai Gelora, Fahri Hamzah akan ditunjuk menjadi Menteri Perumahan Rakyat periode 2024-2029.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #bakal #bangun #juta #rumah #desa #tiap #tahun #prabowo #komit #libatkan #kontraktor #kecil #hingga #bumdes

KOMENTAR