Profil Ahok yang Resmi Mundur dari Komisaris Utama Pertamina
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Pertamina demi mengampanyekan Capres Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Jumat (2/2/2024). [Instagram/Ahok]
07:09
3 Februari 2024

Profil Ahok yang Resmi Mundur dari Komisaris Utama Pertamina

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok secara resmi mengundurkan diri dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), hal tersebut dibuktikan dari unggahannya pada akun Instagram pribadinya @basukibtp, Jumat (2/2/2024).

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok.

Alasan Ahok mundur karena dirinya akan ikut berkampanye untuk memenangkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," katanya,

"Merdeka! Merdeka! Merdeka!" pungkas postingan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Ahok sendiri adalah seorang pengusaha dan politisi yang terkenal dengan gaya kepemimpinannya yang tegas dan berani. Lahir di Belitung Timur pada 29 Juni 1966, Ahok merupakan putra pertama dari pasangan Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsih.

Ahok menempuh pendidikan di Universitas Trisakti dan meraih gelar sarjana Teknik Geologi. Ia kemudian melanjutkan pendidikan master di Universitas Prasetiya Mulya dan meraih gelar Master of Management.

Sebelum terjun ke dunia politik, Ahok sukses sebagai pengusaha di berbagai bidang, seperti pertambangan, perdagangan, dan energi. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Timah Tbk dan Komisaris Utama PT Pertamina.

Ahok memulai karir politiknya sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P pada tahun 2009. Pada tahun 2012, ia dilantik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo.

Pada tahun 2014, Ahok dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah Jokowi terpilih sebagai Presiden RI. Di bawah kepemimpinannya, Jakarta mengalami berbagai perubahan positif, seperti penataan kota, pemberantasan korupsi, dan peningkatan pelayanan publik.

Pada tahun 2016, Ahok diadukan ke pihak berwajib atas tuduhan penistaan agama. Hal ini terkait dengan pernyataannya yang dianggap menyinggung surat Al-Maidah ayat 51.

Ahok kemudian diputus bersalah dan dihukum 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Hukuman ini menuai kontroversi dan memicu berbagai aksi demonstrasi.

Ahok menikah dengan Veronica Tan pada tahun 1997 dan dikaruniai tiga orang anak. Namun, pernikahan mereka kandas pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, Ahok menikah dengan Puput Nastiti Devi, ajudan pribadinya saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #profil #ahok #yang #resmi #mundur #dari #komisaris #utama #pertamina

KOMENTAR