Gaji Maarten Paes di FC Dallas Capai 222 Kali Gaji Presiden RI
Maarten Paes Saat Membela Klub FC Dallas. (Instagram/maartenpaes)
14:55
10 Januari 2024

Gaji Maarten Paes di FC Dallas Capai 222 Kali Gaji Presiden RI

Naturalisasi yang dilakukan untuk timnas sepakbola Indonesia kembali mendapatkan satu pemain lagi. Kali ini, posisi kiper yang dimiliki oleh Maarten Paes jadi topik utamanya. Tampil di FC Dallas, tidak sedikit yang kemudian penasaran dengan gaji Maarten Paes di MLS.

FC Dallas merupakan salah satu tim yang ada di Major League Soccer, liga sepakbola utama yang ada di Amerika. Maarten Paes sendiri adalah pemain berkebangsaan Belanda, yang dimiliki FC Dallas setelah dipinjam dari FC Utrecht.

Gaji Maarten Paes

Tampil cukup baik di setiap kehadirannya saat membela FC Dallas, nilai pasar Maarten Paes cukup tinggi. Mengacu pada informasi di transfermarkt.co.id, nilai pasarnya per Desember 2023 lalu adalah sekitar Rp20,86 miliar.

Sementara, gaji Maarten Paes saat ini berkisar US$300.000 per tahun. Dikutip dari Capology, Maarten Paes menandatangani kontrak dengan FC Dallas sejak 7 Juni 2022 dengan nilai kontrak US$900.000 atau sekitar Rp14 miliar. Untuk diketahui, gaji Presiden RI berkisar Rp 62,7 juta saja.

Paes kemudian dikontrak secara permanen oleh FC Dallas pada pertengahan tahun 2022 lalu, dan berhasil menempati posisi kiper utama. Posisi ini dipercayakan padanya sejak ia berada dalam status pinjaman hingga saat terakhir sebelum ia memutuskan membela timnas Indonesia.

Pada musim pertamanya, ia membukukan total 32 penampilan dengan jumlah 37 kebobolan. Secara statistik, Paes berhasil menyelamatkan lebih dari 70% tendangan yang mengarah ke jaring gawang, sehingga ia mendapatkan kepercayaan dari pelatih FC Dallas.

Di musim 2023, ia kembali menjalani setidaknya 30 laga dengan hanya kebobolan sebanyak 29 kali. Dari total catatan itu, delapan pertandingan berhasil dijalani tanpa kebobolan, dan tentu ini jadi sebuah catatan menarik untuk kiper berpostur 192 cm tersebut.

Pemain Keturunan Maluku

Maarten Paes sejatinya merupakan seorang dengan darah Maluku di dalam badannya. Ini mengapa, Indonesia dapat melakukan naturalisasi jika Paes bersedia, dan tampaknya sudah semakin condong ke arah demikian.

Namanya tercatat dalam rencana naturalisasi yang akan dilakukan oleh PSSI tahun 2024 ini, bersama dua nama lain yang juga akan segera diproses ke tahap selanjutnya. Dua nama lain ini adalah Thom Haye yang berposisi sebagai gelandang, dan Ragnar Oratmangoen yang berposisi sebagai penyerang.

Jika sudah secara sah menjadi warga negara Indonesia, Maarten Paes kemungkinan akan jadi andalan baru untuk memperkuat lini belakang timnas senior di berbagai laga yang akan dijalani. Tentu saja, besar harapan agar benteng terakhir pertahanan ini benar-benar bisa membawa pengaruh besar, sehingga timnas akan semakin kuat.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #gaji #maarten #paes #dallas #capai #kali #gaji #presiden

KOMENTAR