Sri Mulyani Sebut Masyarakat Perlu Tahu Uang untuk Bansos Asalnya Dari Mana
Sri Mulyani (Instagram/smindrawati)
18:00
2 Februari 2024

Sri Mulyani Sebut Masyarakat Perlu Tahu Uang untuk Bansos Asalnya Dari Mana

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut masyarakat perlu tahu sumber uang yang digunakan untuk bantuan sosial. Menurut dia, informasi ini harus diketahui masyarakat agar memperlihatkan transparansi, bahwa bansos berasal dari pajak masyarakat.

"Mereka yang mampu akan membayar pajak dan tentu mereka mau tahu uang pajaknya untuk apa. Sedangkan yang tidak mampu mendapat bantuan dari pemerintah dan mereka harus tahu uangnya dari mana," ujar Sri Mulyani saat Peresmian Rumah Susun ASN di Jayapura, yang dikutip, Jumat (2/2/2024).

Dia melanjutkan, masyarakat juga perlu tahu bahwa negara hadir di tengah masyarakat tidak hanya sekadar ucapan belaka.

Sebab, uang yang dikelola dan dimiliki negara justru dari masyarakat juga mulai dari pajak, bea dan cukai, serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dari uang yang dikelola itu, bilang Sri Mulyani, akan dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui belanja Kementerian/Lembaga, transfer ke daerah dan dana desa.

"Karena masyarakat kita sering merasakan negara hadir, itu menjadi dianggapnya retorika. Kementerian Keuangan berkewajiban dan bertanggung jawab menyampaikan ke masyarakat secara konkret apa artinya kehadiran negara," imbuh dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, agar bisa meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, maka perlu ada semangat dan perjuangan gotong royong dari masyarakat.

"Ini untuk menciptakan suatu iklim akuntabilitas dan juga ownership atau rasa memiliki terhadap negara ini dari seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #mulyani #sebut #masyarakat #perlu #tahu #uang #untuk #bansos #asalnya #dari #mana

KOMENTAR