Data Ibarat Tambang Emas, Ini Pentingnya Bagi Bisnis dan Perusahaan
Ilustrasi. Tren pengolahan big data yang semakin pesat turut mengubah perilaku pelanggan di berbagai industri.
18:05
30 Januari 2024

Data Ibarat Tambang Emas, Ini Pentingnya Bagi Bisnis dan Perusahaan

Tren pengolahan big data yang semakin pesat turut mengubah perilaku pelanggan di berbagai industri. Untuk tetap kompetitif, bisnis skala kecil, menengah atau besar perlu mengadopsi perangkat sistem berbasis Customer Data Platform (CDP) yang menjawab perubahan kebutuhan ini.

Untuk itu PT. Sprint Asia Technology, penyedia layanan infrastruktur teknologi meluncurkan Sprint Resul, sebuah platform pengolahan data berbasis Customer Data Platform (CDP) canggih di pasar bisnis Indonesia. Terkait dengan peluncurannya, Sprint menggandeng Resulticks yang merupakan global market leader di pasar Customer Data Platform (CDP).

Setyo Harsoyo, CEO PT Sprint Asia Technology mengakui terjadinya perubahan kebiasaan pelanggan dan juga pengelolaan data di era digital dan memasuki era big data sekarang ini.

“Kita setuju bahwa data ibarat tambang emas, dan saat ini pemanfaatan pengolahan data tidak hanya dilakukan oleh bisnis berskala besar, industri rumah tangga pun memerlukan analisis dan olah data," kata Setyo dikutip dari keteranngannya pada Selasa (30/1/2024).

Menurut dia Sprint Resul bakal memudahkan untuk mengkategorikan data dari setiap potensial target, dan memanfaatkannya untuk menciptakan pengalaman yang relevan bagi setiap pelanggan, juga secara efektif menyarankan strategi marketing yang tepat dalam waktu yang singkat.

Dengan teknologi CDP yang memadai, proses pengolahan data yang dimiliki Sprint Resul dapat menginterpretasikan perilaku konsumen secara mendalam untuk mendapatkan strategi promosi apa yang cocok diterapkan kepada konsumen tertentu guna meningkatkan konversi penjualan.

Tantangan mutakhir di hampir setiap lini lanjut dia menuntut pelaku industri melakukan efisiensi semaksimal mungkin. Perolehan margin di industri ini semakin tergerus berbagai faktor, sehingga kecepatan pengolahan dan analisis data menjadi kunci utama dalam proses ini, sembari memberikan layanan yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan konsumen yang merampingkan proses dan berkontribusi terhadap pendapatan akhir yang sehat.

"Bila dimanfaatkan dengan tepat, Sprint Resul mampu meningkatkan total pendapatan hingga 5.7%," klaimnya.

Sementara itu Redickaa Subrammanian, pendiri dan CEO Resulticks, mengaku senang bisa membangun hubungan yang berfokus pada peningkatan keahlian di Indonesia, “Kemitraan ini menggarisbawahi komitmen bersama kami untuk mempercepat transformasi digital bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia,” ujarnya.

“Resulticks menyadari pentingnya sinergi dalam mewujudkan seluruh potensi di sektor bisnis Indonesia. Bersama Sprint, yang telah mengembangkan bisnisnya selama lebih dari dua dekade, kami dapat membekali brand-brand untuk menghadapi tantangan pasar yang bergejolak dan memaksimalkan nilai teknologi keterlibatan pelanggan yang canggih.” pungkas Redickaa Subrammanian.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #data #ibarat #tambang #emas #pentingnya #bagi #bisnis #perusahaan

KOMENTAR