Chandra Asri Akuisisi Shell Energy dan Chemicals Park
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk secara resmi telah mengubah nama Perseroan menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) dengan kode saham TPIA.
18:41
4 Oktober 2024

Chandra Asri Akuisisi Shell Energy dan Chemicals Park

PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) memetakan potensi kontribusi untuk kepentingan nasional melalui kemitraannya dengan Glencore plc melalui akuisisi Shell Energy and Chemicals Park (SECP) di Singapura.

Chandra Asri Group dan Glencore telah menandatangani Perjanjian Jual Beli dengan Shell Singapore Pte. Ltd. untuk mengakuisisi seluruh kepemilikannya di SECP, yang masih menunggu persetujuan regulasi yang diharapkan selesai pada akhir tahun 2024.

Direktur Utama & CEO Chandra Asri Group Erwin Ciputra menyatakan bahwa setiap keputusan bisnis yang diambil oleh Perusahaan bertujuan untuk memberikan manfaat bagi Indonesia.

"Chandra Asri Group berkomitmen untuk menjadi mitra pertumbuhan bagi Indonesia. Langkah strategis untuk mengakuisisi aset SECP merupakan salah satu kontribusi kami terhadap pengembangan industri lokal dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, akuisisi ini sejalan dengan strategi pertumbuhan Chandra Asri Group untuk menuju global, memperluas bisnis kami di sektor energi, kimia, dan infrastruktur tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri," ujarnya ditulis Jumat (4/10/2024).

Baca Juga: MD Entertaiment Bakal Caplok 80% Saham Net TV Senilai Rp1,6 Triliun

Aksi korporasi ini bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam meningkatkan ketahanan energi dan memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk produk kimia. Melalui SECP, yang merupakan salah satu kilang minyak dan pusat perdagangan terbesar di dunia, Chandra Asri Group akan menyediakan produk petroleum, termasuk bensin, bahan bakar jet, gas oil, dan bitumen untuk mendukung berbagai industri di Indonesia.

Selain itu, Chandra Asri Group akan membantu mengisi kekurangan pasokan produk kimia, seperti MEG, polyol, serta ethylene, propylene, dan styrene monomers, untuk mendukung proses manufaktur di negara ini. Hal ini akan memastikan bahwa pasokan energi negara tetap terjamin serta mengurangi ketergantungan pada entitas asing.

“Akuisisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Hasil usaha yang didapatkan dari SECP akan direpatriasi dan diinvestasikan kembali untuk pembangunan industri dalam negeri, yang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan pajak nasional, baik dari pajak perusahaan maupun pajak individu,” jelas Erwin.

”Selain itu, ekspansi ini akan menciptakan peluang kerja baru di dalam negeri karena sebuah perusahaan baru akan didirikan untuk mengelola operasional pendukung SECP. Operasional ini akan menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor. Dengan fokus pada keunggulan operasional dan inovasi, perusahaan baru ini akan memperkuat rantai nilai, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan memastikan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.” kata Erwin.

Ekspansi Chandra Asri Group di kawasan ASEAN juga sangat penting untuk meningkatkan efisiensi ekonomi. Dengan proyeksi Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 4,5% pada tahun 2024 dan PDB Gabungan yang diperkirakan mencapai sekitar USD4,5 triliun pada tahun 2030, ASEAN menawarkan peluang signifikan bagi bisnis Indonesia.

Baca Juga: Likuiditas Chandra Asri Group di Akhir Semester 1-2024 Capai 2,2 Miliar Dolar AS

Tingkat pertumbuhan ini menunjukkan pasar yang kuat dan dinamis di mana perusahaan Indonesia dapat membangun kehadiran yang lebih kuat. Dengan memanfaatkan kemitraan strategis, berinvestasi dalam praktik inovatif, dan meningkatkan kemampuan operasional, Chandra Asri Group dapat secara efektif memanfaatkan pasar yang beragam di dalam ASEAN.

Ekspansi ini akan berkontribusi pada pengembangan ekonomi Indonesia secara keseluruhan, memungkinkan Chandra Asri Group untuk bersaing lebih efektif di pasar global.

Selain aspek ekonomi, kemitraan ini diharapkan dapat mendorong kolaborasi dan berbagi pengetahuan melalui pertukaran praktik terbaik. SECP memiliki teknologi dan inovasi canggih, yang dikelola oleh profesional berpengalaman, yang akan memfasilitasi transfer pengetahuan dan teknologi.

Sebaliknya, Chandra Asri Group, dengan pengalaman manufaktur lebih dari 32 tahun, dapat memberikan wawasan berharga dan keahlian operasional untuk memperkuat kedua belah pihak. Pertukaran praktik terbaik antara SECP dan Chandra Asri Group akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mengoptimalkan proses dan kemampuan mereka.

Selain itu, kolaborasi dengan Glencore, salah satu perusahaan sumber daya alam terkemuka di dunia, akan lebih mendorong inovasi, memastikan bahwa kemitraan ini tetap kompetitif di pasar global. Sinergi ini juga diharapkan dapat meningkatkan posisi Indonesia di panggung global, menunjukkan kemampuan negara kita dalam memimpin praktik industri terkini.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #chandra #asri #akuisisi #shell #energy #chemicals #park

KOMENTAR