Kaesang Janjikan Private Jet untuk Menangkan RK, Dari Mana Duitnya?
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menjawab pertanyaan jurnalis usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). [ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/foc]
06:43
3 Oktober 2024

Kaesang Janjikan Private Jet untuk Menangkan RK, Dari Mana Duitnya?

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSIKaesang Pangarep kembali membuat sensasi dalam sambutannya di hadapan para kader PSI dalam rangka pemenangan Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono.

Dalam momen itu, Kaesang menjanjikan para kader partai sebuah hadiah mewah jika berhasil memenangkan pasangan Ridwan Kami - Suswono di Pilkada Jakarta.

"Kalau semuanya semangat untuk memenangkan Pak Ridwan Kamil dan Pak Suswono, saya ada hadiah. Hadiahnya sangat menarik, sangat mahal," kata Kaesang dalam potongan pidato acara Kopdarwil PSI Jakarta 2024 yang dibagikan akun TikTok @/iputuyo**sptra.

Namun, apakah ucapan tersebut benar – benar bisa terpenuhi? Jika dibandingkan antara kekayaan Kaesang dan harga satu unit private jet ini sama seperti jauh panggang dari api.

Baca Juga: Sengaja Memantik Amarah Rakyat! Kaesang Janjikan RK Private Jet Jika Menang

Kekayaan Kaesang Pangarep

Kendati banyak dicibir lantaran sejumlah bisnisnya gagal, nyatanya Kaesang Pangarep layak diperhitungkan. Pada tahun 2021 saja, Kaesang yang masih berusia 27 tahun ditaksir memiliki harta kekayaan mencapai lebih dari Rp92,2 miliar.

Hal itu diketahui setelah Kaesang membeli saham PT Panca Mitra Multiperdana sebesar 8 persen dengan angka transaksi Rp92,2 miliar. Angka tersebut di luar dari jumlah kepemilikan sahamnya di klub bola Persis Solo.

Kekayaan Kaesang pun bisa saja bertambah dengan berbagai bisnis yang dijalankan, di mana terdiri dari berbagai sektor. Menariknya, harta kekayaan Kaesang bahkan mengalahkan ayahnya, Presiden Jokowi. Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 17 Maret 2023 lalu, harta kekayaan Presiden Jokowi mencapai Rp82 miliar.

Dengan miliaran kekayaan, Kaesang sempat ditimpa isu gratifikasi dalam penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat. Isu ini sampai membuat Kaesang harus melaporkannya ke KPK karena sarat akan dugaan gratifikasi.

Baca Juga: Puluhan Tahun Jadi Artis, Harta Kekayaan Komeng Disebut Netizen Kecil: Mungkin...

Dalam keterangan yang disampaikan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, Kaesang Pangarep mengungkapkan jika jet pribadi tersebut berbayar. "Yang bersangkutan (Kaesang Pangarep) ini udah bilang 'Oh ya kira-kira Rp90 juta lah satu orang gitu ya seharga tiket'," ujar Pahala Nainggolan kepada awak media. Namun, pernyataan ini

Sementara itu, jika bisa membeli sendiri, harga private jet tentu saja jauh di atas kekayaan Kaesang. Satu unit private jet bisa dibanderol hingga USD 72 juta atau sekitar Rp1,1 triliun. Tentu saja harga masih tergantung merek yang dibeli. Untuk tipe Bombardier Global 8000 yang elite harganya bisa mencapai Rp1,2 triliun.

Belum diketahui apakah hal itu hanya candaan semata. Namun demikian, patut dinantikan apakah Kaesang akan benar-benar memberikan jet pribadi untuk kader PSI?

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #kaesang #janjikan #private #untuk #menangkan #dari #mana #duitnya

KOMENTAR