Iran-Israel Saling Serang Roket, Pasokan Minyak Global Terancam
Tangkapan layar dari video AFPTV ini menunjukkan ledakan dan jejak-jejak rudal menerangi langit Yerusalem selama serangan Iran terhadap Israel, Minggu (14/4/2024). [AFPTV / AFP]
12:57
2 Oktober 2024

Iran-Israel Saling Serang Roket, Pasokan Minyak Global Terancam

Para pengamat minyak kini melihat ancaman nyata terhadap pasokan minyak mentah setelah Iran meluncurkan serangan rudal balistik ke Israel, yang meningkatkan konflik di Timur Tengah.

Iran pada hari Selasa meluncurkan serangan terhadap Israel sebagai balasan atas pembunuhan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dan seorang komandan Iran di Lebanon baru-baru ini.

Infrastruktur minyak Iran mungkin akan segera menjadi sasaran Israel karena mempertimbangkan tindakan balasan, kata para analis kepada CNBC yang dikutip Rabu (2/10/2024).

"Konflik Timur Tengah akhirnya dapat memengaruhi pasokan minyak," kata Saul Kavonic, analis energi senior di MST Marquee. "Ruang lingkup gangguan material terhadap pasokan minyak sekarang sudah dekat."

Baca Juga: Tegas! Iran Ancam Serang Lebih Dahsyat Jika Israel Berani Membalas

Perkembangan terbaru ini dapat menjadi pengubah permainan, setelah periode "kelelahan risiko geopolitik" yang berkepanjangan di mana para pedagang menepis ancaman gangguan pasokan minyak yang berasal dari situasi di Timur Tengah serta Ukraina, katanya.

Hingga 4% dari pasokan minyak global terancam karena konflik sekarang secara langsung menyelimuti Iran, dan serangan atau sanksi yang lebih ketat dapat menaikkan harga kembali ke $100 per barel, tambah Kavonic.

Serangan rudal terbaru Iran menyusul pengerahan pasukan darat Israel ke Lebanon selatan, yang mengintensifkan serangannya terhadap Hizbullah, kelompok militan yang didukung Iran. Sebagian besar dari 200 rudal yang diluncurkan dicegat oleh pertahanan Israel dan AS, dan tidak ada laporan korban jiwa di Israel akibat serangan tersebut.

Serangan itu terjadi setelah Israel mengerahkan pasukan darat ke Lebanon selatan, yang meningkatkan serangannya terhadap Hizbullah, kelompok militan yang didukung Iran.

Harga minyak naik lebih dari 5% pada sesi sebelumnya setelah serangan rudal, sebelum turun menjadi 2%. Patokan global Brent sekarang diperdagangkan 1,44% lebih tinggi pada $74,62 per barel, sementara minyak berjangka West Texas Intermediate AS naik 1,62% menjadi $70,95 per barel.

Baca Juga: Apa itu Iron Dome? Senjata Kebanggaan Israel yang Jebol Dihantam Rudal Iran

Sejak konflik bersenjata Israel-Hamas dimulai pada 7 Oktober tahun lalu, gangguan pada pasar minyak telah terbatas. Pasar minyak juga tetap tertekan karena peningkatan produksi dari AS menambah gambaran pasokan, dan permintaan Tiongkok yang melambat telah menekan harga, kata Andy Lipow, presiden di Lipow Oil Associates.

Iran adalah produsen terbesar ketiga di antara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, memproduksi hampir empat juta barel minyak per hari, menurut data dari Badan Informasi Energi.

Analis lain menyuarakan peringatan Kavonic.

"Ketika Israel beralih dari Gaza ke Lebanon dan Iran, perang memasuki fase baru yang lebih terkait energi," kata Bob McNally, presiden Rapidan Energy Group, kepada CNBC, seraya menambahkan bahwa ia memperkirakan pembalasan Israel atas serangan rudal itu akan "sangat besar."

"Ini akan memburuk sebelum membaik," katanya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #iran #israel #saling #serang #roket #pasokan #minyak #global #terancam

KOMENTAR