Punya 1 Juta Pengikut, Ibu Rumah Tangga Ini Bisa Beli Rumah Berkat TikTok
Indah Putri seorang ibu rumah tangga yang kini menetap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berhasil mengubah hidupnya menjadi lebih baik berkat TikTok.
16:34
19 September 2024

Punya 1 Juta Pengikut, Ibu Rumah Tangga Ini Bisa Beli Rumah Berkat TikTok

Indah Putri seorang ibu rumah tangga yang kini menetap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, berhasil mengubah hidupnya menjadi lebih baik berkat TikTok. Dimulai dari sekadar iseng mencoba fitur live jualan di TikTok pada tahun 2021, Indah kini telah menjadi seorang kreator affiliate sukses dengan hampir sejuta pengikut.

Sebelum terjun ke dunia kreator affiliate, Indah membantu orang tuanya yang memiliki warung makan dan mengurus keluarga. Namun, rasa ingin menambah penghasilan membuatnya tertarik untuk mencoba peruntungan di TikTok.

Berawal dari rasa penasaran saat melihat teman-temannya berjualan di TikTok dan tanpa latar belakang khusus, Indah memulai petualangannya di platform ini dengan modal ponsel sederhana dan produk-produk yang ada di rumah.

“Awalnya, saya hanya menjual produk kecantikan seperti lipstik dan sunscreen. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai merambah ke produk-produk rumah tangga seperti peralatan dapur dan peralatan rumah tangga yang ternyata populer di kalangan audiens saya,” ungkap Indah ditulis Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Viral di TikTok Karena Celotehannya, Ini Penyakit Zehan Almira

Selama tiga tahun menjadi kreator affiliate, Indah mengaku banyak sekali tantangan yang harus dihadapinya. Salah satunya adalah membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Dengan konsisten, Indah biasanya melakukan siaran langsung dua kali sehari, yaitu pada siang hari mulai pukul 1.00 dan malam hari mulai pukul 8.00, dengan durasi yang bervariasi.

Berkat konsistensi, kerja keras, dan fokus pada tujuannya, Indah berhasil meningkatkan pendapatannya hingga 5 kali lipat. Dari peningkatan tersebut, Indah akhirnya dapat membeli sebuah rumah dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga.

Menurut Indah, kunci sukses menjadi affiliate creator adalah konsistensi dan personal branding yang kuat. Indah pun membangun personal branding sebagai kreator yang bersahabat, antusias dan penuh semangat di setiap video live streaming-nya.

“Tips bagi yang ingin menjadi kreator affiliate TikTok adalah sering melakukan live, membangun interaksi dengan penonton, dan memilih produk yang tepat. Selain itu penting juga untuk konsisten, terus belajar dan mengembangkan diri, serta jangan takut untuk mencoba hal-hal baru,” tambah Indah.

Keberhasilan Indah sebagai kreator affiliate di TikTok telah memberikan dampak yang signifikan, tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi banyak orang di sekitarnya. Ia sering berbagi ilmu dan pengalamannya dengan keluarga, teman, serta tetangganya, memberikan inspirasi dan dorongan bagi mereka yang ingin mengikuti jejaknya. Beberapa dari mereka bahkan telah berhasil menjadi kreator affiliate dan mencapai kemandirian finansial, berkat bimbingan dan dukungan yang ia berikan.

Baca Juga: Ngaku Pulang Bareng Gibran Usai Nonton Konser Bruno Mars, Netizen Telusuri Identitas Pengguna TikTok Ini: Siapakah Dia?

Kesuksesan Indah di Kalimantan Tengah juga membawa pesan penting bahwa lokasi tempat tinggal bukanlah penghalang untuk meraih kesuksesan di dunia digital. Dengan semakin banyaknya kreator dan pengguna TikTok yang bermunculan dari luar kota-kota besar di Indonesia, Indah menjadi bukti nyata bahwa peluang untuk berkembang sebagai kreator terbuka luas bagi siapa saja, di mana pun mereka berada. Hal ini turut mendorong pertumbuhan komunitas kreator di berbagai daerah, menciptakan ekosistem yang semakin inklusif dan beragam.

Data ini didukung dengan studi TikTok bersama dengan Toluna yang berjudul 'TikTok Opportunities Beyond Key Cities: Unleashing Local Potential'. Studi tersebut menyatakan bahwa TikTok menginspirasi audiens dari luar kota-kota besar. 79% dari audiens tersebut menyatakan bahwa TikTok mengajarkan mereka sesuatu yang baru dan membantu mereka terhubung dengan kelompok yang berpikiran sama.

“Ke depan, saya berharap bisa terus mengembangkan diri sebagai kreator affiliate, salah satunya dengan membentuk tim dan menghadirkan produk yang lebih beragam serta terus bermanfaat bagi orang di sekitar,” tutupnya.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #punya #juta #pengikut #rumah #tangga #bisa #beli #rumah #berkat #tiktok

KOMENTAR