Libatkan 35 Negara, Bali International Airshow 2024 Kembali Hadir Setelah 28 Tahun
Jumpa pers Bali International Airshow 2024 yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center pada Selasa (17/9/2024). [Suara.com/Sumarni]
17:55
17 September 2024

Libatkan 35 Negara, Bali International Airshow 2024 Kembali Hadir Setelah 28 Tahun

Bali International Airshow 2024 bersiap digelar di Bandar Udara I Ngurah Rai. Acara yang mengusung tema ‘Where Aerospace Excellence Meets Defense Innovation’ ini akan diselenggarakan selama empat hari berturut pada 18 September 2024 sampai 21 September 2024.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi membeberkan alasan acara tersebut kembali dihelat setelah sekian lama.

“Bali International Airshow 2024 menandai kembalinya Indonesia sebagai tuan rumah pameran kedirgantaraan Internasional setelah 28 tahun,” katanya dalam jumpa pers yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center pada Selasa (17/9/2024).

“Terakhir kali diadakan pada tahun 1996 di Bandar Udara Soekarno-Hatta dan tahun 1986 di Bandar Udara Kemayoran,” imbuhnya lagi.

Baca Juga: Bareng Erina Pergi ke AS, Jubir Ungkap Alasan Kaesang Nebeng Pesawat Jet Temannya: Kebetulan Searah

Andy Wismarsyah selaku Chief Executive Officer PT Inaro Tujuh Belas sekaligus pihak penyelenggara Bali International Airshow 2024 turut menambahkan.

Jumpa pers Bali International Airshow 2024 yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center pada Selasa (17/9/2024). [Suara.com/Sumarni]Jumpa pers Bali International Airshow 2024 yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center pada Selasa (17/9/2024). [Suara.com/Sumarni]

“Ini party buat orang-orang penerbangan, terutama yang ada di Indonesia. Ini tempat berkumpulnya, tempat sharing idea teknologi tentang dunia aviasi. Kami yakinkan hampir 20 tahun lebih belum ada, tidak ada di Indonesia,” ujar Andy Wismarsyah.

“Jadi ini tempat pegiat semua dunia aviasi RI dan juga dari negara tetangga untuk bisa berkumpul dan bisa membuat proses bisnis di sini,” sambungnya.

Hadirkan banyak perusahaan penerbangan ternama

Menurut Jodi Mahardi, ada banyak perusahaan penerbangan yang turut memeriahkan ajang tersebut. Bahkan ada 35 negara yang terlibat.

Baca Juga: Klarifikasi ke KPK usai Pelesiran Naik Private Jet, Kaesang: Nebeng Pesawat Teman Saya

“Kita hadirkan di pameran ini perusahaan penerbangan ternama. Ada Airbus, Bell Helicoptes, Boeing, Brahmos, Dassault Aviation dan Embraer, Garuda Group, Lion Air, PT Dirgantara Indonesia, Textron Aviation hingga Thales,” bebernya.

Bukan cuma itu saja, para pengunjung pun bakal dimanjakan dengan flying display atau pertunjukkan udara. Di sini, TNI Angkatan Udara RI yang akan ambil bagian.

“Airshow kalau tidak ada pertunjukkan udara tidak seru. Di negara lain, ada kegiatan proses bisnis (pameran) dan flying display. Kita mendukung di situ. Minimal kesetaraan lah, negara lain seperti itu, kita harus seperti ini,” jelas Andi Wijaya selaku Asiaten Potensi Dirgantara Kepala Staf TNI AU.

Jumpa pers Bali International Airshow 2024 yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center pada Selasa (17/9/2024). [Suara.com/Sumarni]Jumpa pers Bali International Airshow 2024 yang dihelat di Bali Nusa Dua Convention Center pada Selasa (17/9/2024). [Suara.com/Sumarni]

Andy Wismarsyah menjamin flying display tidak akan mengganggu penerbangan komersial. Mengingat pertunjukkan udara hanya berlangsung selama empat kali setiap harinya.

“Kami koordinasi sama AirNav, Angkasa Pura, secara keseluruhan, acara ini tidak akan mengganggu kegiatan utara sebagai tempat domestik penerbagan,” ucap Andy Wiamarsyah.

Kenapa di Bali?

Lalu mengenai alasan pemilihan Bali sebagai lokasi acara, Sora Lokita selaku Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim & Kawasan Perbatasan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi punya jawaban sendiri.

“Terus kenapa Bali? Kenapa nggak? Semua orang datang ke Bali. Pak Luhut dan pak Sandiaga mention keunikan Bali. Itulah kita kombinasikan antara Aviasi kita dan keunikan Bali dan budaya kita,” ungkapnya.

“Kita mau magic orang untuk datang ke Bali. Nantinya kita bisa diskusi tentang aviasi dan juga menikmati wisata di Indonesia,” tandasnya.

Editor: Sumarni

Tag:  #libatkan #negara #bali #international #airshow #2024 #kembali #hadir #setelah #tahun

KOMENTAR