Profil Indodax, Dikabarkan Kena Hack Hingga Merugi Ratusan Miliar
Bitcoin (Unsplash)
17:01
11 September 2024

Profil Indodax, Dikabarkan Kena Hack Hingga Merugi Ratusan Miliar

Kabar tak sedap menghinggapi Indodax. Perusahaan crypto exchange itu diduga diretas atau kena hack.

CEO Indodax Oscar Darmawan telah angkat bicara mengenai kabar tersebut. Dia menyebutkan saat ini tim keamanannya sedang memeriksa seluruh sistem operasi.

"Saat ini, kami sedang melakukan pemeliharaan menyeluruh untuk memastikan seluruh sistem beroperasi dengan baik. Selama proses pemeliharaan ini, platform web dan aplikasi Indodax sementara tidak dapat diakses," kata dilansir dari Antara, Rabu (11/9/2024).

Kendati demikian, pihaknya memastikan saldo kripto maupun rupiah pengguna tetap aman. Dia meminta untuk tidak khawatir.

Baca Juga: Indodax: Ini Dia Alasan Kenapa Altcoin Siap Bangkit Tahun Ini

Indodax tengah melakukan investigasi menyeluruh untuk menemukan kerentanan keamanan di platfrom layanannya.

Praktisi keamanan siber Teguh Aprianto melalui akun X @secgron telah menyampaikan terjadi kerentanan keamanan siber pada platform layanan Indodax. Akibatnya terjadi transaksi ilegal yang menyebabkan kerugian hingga ratusan miliar rupiah.

"Diduga kebobolan dengan total kerugian dari transaksi ilegal lebih dari 21,8 juta USD atau sekitar 335 miliar rupiah," kata Teguh.

Profil Indodax

Indodax merupakan perusahaan ini bergerak di bidang blockchain dan aset kripto yang didirikan pada 2014. Indodax menjadi perusahaan marketplace aset kripto pertama di Indonesia yang memperoleh dua sertifikasi internasional pada tahun 2019, yaitu ISO 9001:2015 dan 27001:2013.

Baca Juga: Bittime Berkomitmen Jadi yang Pertama Listing Token Hamster Kombat di Indonesia

Kemudian pada Juli 2021, memperoleh sertifikasi internasional lagi, yaitu ISO 27017:2015.

Indodax juga sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Perusahaan yang memperjualbelikan Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lebih dari 160 aset kripto lain dari seluruh dunia itu mengekalim telah memiliki lebih dari 4,3 juta anggota yang terdaftar dan terverifikasi.

Perusahaan ini memiliki visi dan misi menyediakan akses dan layanan yang mudah, cepat, serta aman dalam investasi aset kripto.

Meskipun nilai aset kripto seperti Bitcoin dapat mencapai ratusan juta rupiah per koinnya, transaksi di Indodax dapat dilakukan mulai dari 10 ribu rupiah.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #profil #indodax #dikabarkan #kena #hack #hingga #merugi #ratusan #miliar

KOMENTAR