Jokowi Pindah ke IKN September, Bandara Diklaim Menhub Budi Sudah Siap
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (tengah) memberi keterangan pers usai menjalani pemeriksaan di Gedung ACLC KPK, Jakarta, Rabu (26/7/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
12:16
26 Agustus 2024

Jokowi Pindah ke IKN September, Bandara Diklaim Menhub Budi Sudah Siap

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah siap didarati pesawat termasuk Pesawat Kepresidenan RI pada awal September 2024.

"(Sudah bisa didarati pesawat kepresidenan) awal September," ujar Budi di Jakarta, Senin (26/8/2024).

Dengan mengacungkan jempol, Budi kembali menegaskan kesiapan bandara termasuk landasan pacu (runway) yang telah diuji coba Minggu (25/8/2024).

Diketahui sebelumnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan akan pindah ke Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kalimantan Timur, pada September 2024.

Baca Juga: 10 Beda Potret Iriana Jokowi Dulu hingga Kini, Benarkah Makin Tirus dan Runcing?

"Kalau yang saya tahu programnya Pak Presiden Jokowi, kalau nanti bandaranya (IKN) ini beroperasi pada minggu pertama September, Beliau pindah ke sana," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara soal uji coba landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur telah dilaksanakan dan berjalan lancar.

Adapun uji coba tersebut melibatkan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO dan berlangsung dengan lancar.

"Prosesi uji coba lepas landas dan pendaratan yang dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO, berjalan mulus dan lancar," kata Menhub.

Baca Juga: Di Tengah Polemik Raja Jawa, Proyek Istana Juga Buat Waskita Karya "Raja Utang"

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #jokowi #pindah #september #bandara #diklaim #menhub #budi #sudah #siap

KOMENTAR