Curug Cilember, Destinasi Wisata Alam di Cisarua Bogor dengan 7 Mata Air yang Indah
Pemandangan Curug Cilember (megamendung.digitaldesa.id)
09:28
3 Oktober 2024

Curug Cilember, Destinasi Wisata Alam di Cisarua Bogor dengan 7 Mata Air yang Indah

- Terkenal dengan julukannya sebagai sebagai kota hujan, Kota Bogor punya keindahan alam yang mampu menarik para wisatawan untuk datang. Berlokasi yang tidak jauh dari Jakarta, Bogor sering menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sembari mencari ketenangan.

Dengan iklim yang sejuk dan udara segar, Bogor baik kota maupun kabupaten dikelilingi banyak pegunungan. Hal itu membuat daerah itu menakjubkan dengan berbagai tempat wisata alamnya. Salah satu destinasi wisata alam di Bogor yang sering dikunjungi wisatawan adalah curug.

Salah satu curug di Kota Bogor yang memiliki keindahan pemandangan alam yang menakjubkan adalah Curug Cilember. Curug ini terletak di Desa Jogjogan, Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dahulu, Curug Cilember digunakan sebagai tempat mandi para putri dari Kerajaan Siliwangi. Klaim ini bukan sekadar mitos, karena didukung oleh adanya makam keturunan Prabu Siliwangi di atas lokasi air terjun tersebut.

Curug Cilember mempunyai ciri khas unik, yaitu memiliki tujuh titik air terjun yang indah. Setiap titik air terjun ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda dan berjarak sekitar 150 sampai 450 meter.

Tujuh titik air terjun di curug ini sebenarnya berasal dari satu pusat sumber mata air. Setiap air terjun memiliki kolam alami yang indah. Untuk mengunjungi setiap air terjunnya, pengunjung harus berhati-hati. Sebab, semakin jauh lokasi air terjun, akan semakin curam juga jalur yang dilalui.

Bagi para wisatawan yang memiliki hobi berkemah dan belum puas bermain di Curug Cilember dari pagi hingga sore, Curug Cilember juga menyediakan tempat khusus camping bagi para wisatawan gunakan untuk mendirikan tenda.

Selain memiliki tujuh titik air terjun yang indah, Curug Cilember juga menyajikan pemandangan hutan pinus yang indah. Hal ini karena memang Curug Cilember dikelilingi oleh hutan pinus dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman.

Tidak hanya itu, Tidak jauh dari Curug Cilember, terdapat Butterfly Park, yang berlokasi sekitar 10 hingga 15 menit dari pintu masuk curug. Sesuai namanya, di Taman Kupu-Kupu anda bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu yang indah. Taman ini juga memiliki konsep unik berupa rumah kaca dengan atap berbentuk kubah.

Untuk menunjang para wisatawan yang bermain di sini, Curug cilember juga memiliki sejumlah fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya:

  • Kamar mandi dan toilet
  • Pos jaga
  • Pondok kerja
  • Loket karcis
  • Jalan setapak
  • Tempat parkir
  • Shelter atau gardu pandang
  • Tempat duduk
  • Ruang informasi
  • Tempat sampah
  • Tempat ganti pakaian.

Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, dapat dipastikan kegiatan bermain dan berwisata anda di curug ini akan nyaman dan menyenangkan. Selain itu, untuk masuk ke curug ini anda tidak perlu membayar mahal, karena tiket masuknya terbilang cukup murah yaitu hanya Rp15.000/orang

Bagi yang membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir. Untuk parkir di Curug ini hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk sepeda motor dan sedangkan mobil Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #curug #cilember #destinasi #wisata #alam #cisarua #bogor #dengan #mata #yang #indah

KOMENTAR