Canggih Banget! Samsung S24 Series Punya Fitur Circle to Search dan Live Translate
Samsung S24 Series (Samsung untuk JawaPos.com)
10:56
20 Januari 2024

Canggih Banget! Samsung S24 Series Punya Fitur Circle to Search dan Live Translate

Komunikasi bukan satu-satunya medium yang digunakan Samsung Galaxy S24 Series untuk meningkatkan manfaat fundamental ponsel ke level yang lebih tinggi di masa depan. Memahami bahwa pencarian online telah mengubah hampir tiap aspek kehidupan, Galaxy S24 Series mengukir sejarah dengan menjadi smartphone pertama yang memperkenalkan Circle to Search with Google yang intuitif dan memahami gestur pengguna.

Dalam memberi pengguna fungsi baru yang luar biasa ini, Samsung berkolaborasi dengan Google sebagai platform pencarian online terdepan di dunia untuk menghasilkan temuan baru berbekal gestur sederhana. Ketika tombol beranda ditekan lama, pengguna bisa melingkari, menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apa pun yang ada di layar Galaxy S24 Series untuk melihat hasil pencarian yang relevan dan membantu.

“Untuk pertama kalinya Galaxy S24 Series menghadirkan fitur Circle to Search with Google yang memberikan cara baru dalam mencari informasi. Mulai dari mencari tahu brand dari outfit yang kamu sukai atau barang kekinian yang kamu lihat di Instagram, Youtube, atau Netflix. Hingga kamu juga bisa dengan mudah mencari tahu nama tempat, informasi monumen bersejarah saat travelling, sampai mempelajari karya seni ikonis pun bisa dilakukan hanya dengan tap tombol home dan melingkari objek yang ingin dicari di layar,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, dalam siaran persnya.

Melihat landmark yang indah di latar belakang post media sosial teman atau fun fact yang mengejutkan di YouTube Shorts, pengguna bisa dengan cepat mempelajari lebih lanjut apa yang ditemukannya tanpa harus meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan, tergantung pada lokasi pengguna.

Untuk pencarian tertentu, pengguna bisa melihat hasil gambar dari Artificial Intelegent (AI) generatif yang memberi informasi dan konteks dari berbagai sumber serta menanyakan hal-hal yang lebih kompleks dan tersirat.

Dedy Irvan, pengulas gadget kawakan dari JagatReview menyampaikan bahwa fitur circle to search sangat nyaman digunakan. Tidak hanya berlaku untuk foto saja, namun, para pengguna bisa lebih detail dalam mendapatkan informasi seputar apa yang ada di dalam foto.

"Misalnya kita foto begini terus saya mau lihat ini benda apa sih. Bisa saya circle to search terus ambil di bagian ini. Tuh, langsung ketahuan bahkan modelnya spesifik. Kalian mau tahu harga sepatu di sebelah kalian juga keluar harganya itu. Jadi circle to search menyenangkan sekali sejauh ini, memang enggak mungkin ada semua yang 100 persen perfect banget ya," terang Dedy pada sesi live streaming Galaxy Unpacked.

Selain itu, Dedy mengatakan, dirinya juga terkesima oleh fitur Live Translate pada Galaxy S24 Series ini. Fitur memiliki fungsi penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional.

Pengguna tak perlu download aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya, ditambah lagi dengan on-device AI mampu menjaga percakapan tetap sepenuhnya aman.

Dengan Interpreter, percakapan langsung bisa diterjemahkan secara instan via tampilan split-screen pada perangkat. Jadi, saat saling berhadapan dengan lawan bicara, pengguna bisa seketika membaca hasil transkripsi dari apa yang dikatakan. Fungsi ini pun bisa digunakan tanpa koneksi data seluler maupun Wi-Fi.

“Jadi pertanyaannya apakah (live translate) bisa ketemu dengan handphone lain, ini gak ada masalah ketemu dengan handphone lain, dengan telepon bahkan. Karena AI-nya jalannya dari sisi kita-nya bukan dari sisi merekanya. Jadi yang pegang S24 Series ini bisa ketemu dengan HP yang lama sekalipun enggak masalah. Gimana, keren enggak. Ini baru namanya pakai AI. Kita tahu Snapdragon Gen 3 itu punya NPU atau neural processing unit, itu adalah processor untuk mengolah AI. tapi itu akan percuma kalau aplikasinya tidak ada, softwarenya tidak ada dan Enggak sekalian diload langsung di dalam HPnya. Kalau ini semua sudah built in di dalam,” pungkasnya.

Pre-order Sekarang
Penasaran dan sudah tak sabar mau mencoba kehebatan fitur yang mengesankan ini? Samsung Electronics Indonesia mengundang masyarakat untuk bisa menjadi salah satu dari pembeli pertama Galaxy S24 Series melalui pre-order hingga 6 Februari 2024, dengan mengakses www.samsung.com/id/unpacked.

Dengan melakukan pre-order, konsumen bisa menikmati cicilan mulai dari Rp 583,291 per bulan dan mendapatkan penawaran free double storage dengan nilai mencapai Rp 4.000.000, gratis paket data XL 120 GB per tahun. Terdapat juga keuntungan cashback ketika kamu melakukan pembelian melalui mekanisme trade-in dari seri flagship sebelumnya dengan nilai mencapai Rp 2.500.000, serta cashback lain senilai Rp 1.500.000 melalui rekanan bank.

Jika kamu melakukan pendaftaran Galaxy Unpacked sebelumnya, Samsung juga memberikan perlindungan 2 tahun melalui Samsung Care+ secara cuma-cuma. Namun, apabila kamu terlewat momentum tersebut, dengan mengikuti pre-order ini pengguna bisa mendapat discount 50 persen untuk perlindungan 2 tahun Samsung Care+.

Galaxy S24 Ultra dibanderol dengan harga Rp 21.999.000 (12/256GB), Rp 23.999.000
(12/512GB), dan Rp 27.999.000 (12/1TB). Kemudian untuk Galaxy S24+ hadir dengan harga Rp 16.999.000 (12/256GB) dan Rp 18.999.000 (12/512GB). Lalu, Galaxy S24 tersedia dengan harga Rp 13.999.000 (8/256GB) dan Rp 15.999.000 (8/512GB).

Info lebih lanjut tentang Galaxy AI bisa dilihat di www.samsung.com/id.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #canggih #banget #samsung #series #punya #fitur #circle #search #live #translate

KOMENTAR