5 Tren AI Terbaru di Dunia Kecantikan, Ada Revolusi Pembuatan Konten
Ilustrasi AI (pixabay)
20:08
12 Agustus 2024

5 Tren AI Terbaru di Dunia Kecantikan, Ada Revolusi Pembuatan Konten

Perusahaan yang mengusung konsep Beautiful AI, Perfect Corp, mengungkap prediksi tren AI terbaru di dunia kecantikan. Salah satunya adalah AI atau kecerdasan buatan bakal berpengaruh pada produksi konten.

Sebagai informasi, Perfect Corp merupakan perusahaan yang menawarkan aplikasi seluler berbasis fitur Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR).

Deretan aplikasi di bawah naungan Perfect Corp adalah YouCam Makeup, YouCam Perfect, YouCam AI Pro, YouCam Enhance, YouCam Video, YouCam Nails, dan banyak lagi.

Mereka bahkan baru saja mengenalkan HD Skin Analysis, aplikasi yang diklaim dapat mengidentifikasi dan menganalisis masalah kulit dengan akurasi lebih tinggi.

Baca Juga: AI Harus Jadi Solusi untuk Kebaikan Manusia dan Kemanusiaan

Tak berselang lama, perusahaan merilis laporan tren global berjudul “Tren AI Teratas yang Ikut Membentuk Industri Kecantikan dan Fesyen pada 2024.”

Laporan ini menganalisis bagaimana AI berpotensi besar untuk merevolusi industri kecantikan dan fesyen, dengan mendorong terciptanya pengalaman belanja yang dipersonalisasi untuk konsumen sekaligus meningkatkan interaksi antara konsumen dengan brand.

Sejak kemunculannya, AI telah mentransformasi berbagai industri dengan kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan konsumen, menyederhanakan layanan konsumen, dan mendorong inovasi dalam perjalanan belanja konsumen.

Dengan semakin berkembangnya ekspektasi konsumen di era digital, AI hadir sebagai teknologi penting yang mendorong brand dan peritel untuk lebih tanggap terhadap kebutuhan konsumen, serta untuk memastikan keberlanjutan dan profitabilitas yang lebih baik.

Tren AI teratas yang dihadirkan dalam laporan ini dijelaskan secara singkat sebagai berikut:

Baca Juga: Perusahaan Ini Buat Aplikasi Khusus, Identifikasi Masalah Kulit dengan AI

1. Lewat fitur percakapan, asisten berbasis AI akan membawa personalisasi dan layanan konsumen ke tingkat lebih tinggi

Asisten berbasis AI, seperti perangkat SkincareGPT dan BeautyGPT memungkinkan brand untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dan layanan pelanggan yang responsif, meningkatkan pengalaman berbelanja dan loyalitas konsumen, menawarkan saran kecantikan secara langsung, menganalisis kulit, dan virtual try-on produk melalui percakapan yang interaktif, menghadirkan layanan yang lebih personal bagi konsumen kecantikan.

2. AI akan memberi pengalaman imersif yang lebih canggih untuk membuat fitur virtual try-on dan virtual fitting room menjadi sangat realistis

Teknologi AI yang canggih akan merevolusi pengalaman berbelanja virtual, memungkinkan konsumen untuk mendapat visualisasi tampilan kecantikan dan fesyen yang sangat realistis, sehingga konsumen lebih yakin saat membeli produk dan mengurangi pengembalian produk.

3. AI akan mendorong keberlanjutan dalam ritel kecantikan dan fesyen

Perangkat virtual try-on yang didukung AI akan mengurangi kebutuhan produk sampel di industri kecantikan dan fesyen, sehingga membantu brand dapat beroperasi secara lebih berkelanjutan.

Pengalaman virtual try-on produk juga memungkinkan brand untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi kepada konsumen, memenuhi kebutuhan setiap pelanggan dengan produk yang paling sesuai, dan mengurangi limbah yang dihasilkan saat proses pengembalian produk.

4. AI akan merevolusi pembuatan konten, membuka potensi baru untuk kreativitas dan personalisasi

AI generatif membuat brand dapat memproduksi konten yang dinamis dan lebih personal dalam skala besar, yang memungkinkan konsumen untuk mendapat inspirasi kreatif yang lebih tinggi. Mulai dari kampanye pemasaran yang dihasilkan oleh AI hingga karya seni dan pengeditan yang disempurnakan oleh AI, AI generatif membuka berbagai potensi baru bagi brand dalam bercerita dan meningkatkan keterlibatan konsumen.

5. AI akan meningkatkan pengalaman konsumen di semua aspek untuk mendorong kesuksesan brand dan peritel

Dari rekomendasi yang dipersonalisasi hingga layanan pelanggan yang lebih baik, AI akan mengoptimalkan setiap tahap perjalanan konsumen, mendorong efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan konsumen secara keseluruhan.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #tren #terbaru #dunia #kecantikan #revolusi #pembuatan #konten

KOMENTAR