Nampang di Geekbench, Snapdragon 8 Gen 4 Tawarkan Kinerja GPU Superior
Logo Qualcomm. [Josep Lago/AFP]
19:56
7 Agustus 2024

Nampang di Geekbench, Snapdragon 8 Gen 4 Tawarkan Kinerja GPU Superior

Menurut beberapa rumor sebelumnya, Qualcomm akan memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 4 di Oktober 2024. Berbagai rumor terkait performa chipset ini lalu terungkap dan memberi gambaran mengenai kinerjanya.

Kabar yang beredar menyebut bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan digunakan di Xiaomi 15 yang baru rilis di tahun 2025 mendatang. Perangkat anyar Xiaomi ini menjadi yang pertama mencicipi chipset Qualcomm tersebut.

Dilansir dari GSM Arena, dalam laporan terbaru, Snapdragon 8 Gen 4 dipercaya menawarkan kinerja GPU yang luar biasa nantinya. Hal ini terlihat dari pengujian chipset tersebut di laman Geekbench.

Laman Geekbench menyebut bahwa Snapdragon 8 Gen 4 meraih skor 2884 pada pengujian single core dan 8840 pada pengujian multi-core. Angka ini didapat dari pengujian Geekbench 6.3.0 for Android AArch64.

Baca Juga: Xiaomi Jadi Merek Pertama yang Gunakan Snapdragon 4s Gen 2

Belum diungkap dengan pasti mengenai angka GPU yang digunakan oleh Snapdragon 8 Gen 4. Namun, chipset ini dipercaya memiliki lonjakan CPU dari Snapdragon 8 Gen 3.

Lembar pengujian Snapdragon 8 Gen 4 di Geekbench. (GSM Arena)Lembar pengujian Snapdragon 8 Gen 4 di Geekbench. (GSM Arena)

Tidak main-main, Snapdragon 8 Gen 4 dipercaya mengalami lompatan angka CPU hampir 30 persen pada pengujian multi-core dan 35 persen pada pengujian single-core.

Sebagai perbandingan, pada Xiaomi 14, Snapdragon 8 Gen 3 meraih angka pengujian Geekbench 2.125 untuk multi-core dan 6.810 untuk single-core. Rumor lainnya menyebut bahwa Qualcomm menggunakan arsitektur CPU Nuvia untuk CPU dengan konfigurasi 2+6.

Cluster utama terdiri dari dua core dengan tingkat kecepatan 4,09 HHz. Sedangkan cluster keenam membawa kecepatan 2,78 GHz. GPU yang digunakan di chipset ini dipercaya adalah Adreno 830 serta chip yang dibuat pada proses 3nm TSMC.

Baca Juga: Diklaim Chipset 5G Termurah, Performa Lambat Hantui Snapdragon 4s Gen 2?

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #nampang #geekbench #snapdragon #tawarkan #kinerja #superior

KOMENTAR