Samsung Kenalkan DRAM LPDDR5X, Jadi Chip Tertipis untuk HP
DRAM LPDDR5X dari Samsung. (GSM Arena)
08:08
7 Agustus 2024

Samsung Kenalkan DRAM LPDDR5X, Jadi Chip Tertipis untuk HP

Samsung baru saja mengumumkan chip DRAM LPDDR5X. Chip ini diklaim menjadi yang tertipis untuk HP. Informasi detail mengenai chip ini terungkap dan memberi gambaran mengenai perilisannya nanti.

DRAM LPDDR5X adalah chip kelas 12 nm yang tersedia dalam paket 12 GB dan 16 GB. Chip ini dirancang untuk pasar RAM berdaya rendah sehingga ditujukan secara resmi untuk HP dengan teknologi AI.

Dilansir dari GSM Arena, chip anyar ini memiliki ukuran 0,65 mm yang sangat tipis. Ukuran ini jauh lebih tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya yang rilis lebih dulu.

Samsung menyebut bahwa DRAM LPDDR5X akan membawa sistem pendingin 21,2 persen lebih baik jika dibandingkan dengan chip lainnya. Untuk chip ini, Samsung mengoptimalkan papan sirkuit cetak (PCB) dengan teknik senyawa cetakan epoksi.

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Ultra, Buktikan Kemampuan Kamera dan Tahan Air di Olimpiade Paris

Tidak main-main, vendor HP asal Korea Selatan ini membawa ketebalan yang setipis kuku. Chip ini dibangun dalam struktur 4 lapisan yang kemudian dikemas secara bersama-sama. Masing-masing lapisan yang digunakan di chip ini terdiri dari dua DRAM LPDDR.

DRAM LPDDR5X dari Samsung. (GSM Arena)DRAM LPDDR5X dari Samsung. (GSM Arena)

Samsung dipercaya telah mengirimkan chip yang lebih tipis ini ke produsen. Ketika permintaan terhadap solusi memori seluler berkinerja tinggi dan kepadatan tinggi tumbuh, Samsung justru memiliki rencana lain.

Perusahaan ini dipercaya akan mengembangkan modul 6-layer 24 GB dan 8-layer 32 GB ke dalam paket tertipis untuk beberapa perangkat masa depan yang nantinya akan dirilis oleh Samsung.

Kehadiran DRAM LPDDR5X ini menjadi bagian dari rencana besar Samsung di masa depan. Perilisan perangkat-perangkat dengan chip ini akan sangat dinantikan nantinya.

Baca Juga: Chat WhatsApp yang Dihapus Kini Bisa Dibaca di HP Samsung

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #samsung #kenalkan #dram #lpddr5x #jadi #chip #tertipis #untuk

KOMENTAR