Cara Kerja NFC di Realme C67 yang Tak Banyak Orang Tahu, Bisa Duplikasi Kartu Akses
Ilustrasi: Fitur NFC di Realme C67 yang bisa duplikasi kartu akses biar tak repot bawa banyak kartu. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
17:20
19 Januari 2024

Cara Kerja NFC di Realme C67 yang Tak Banyak Orang Tahu, Bisa Duplikasi Kartu Akses

- Seiring dengan perkembangan teknologi yang masif saat ini, gaya hidup berbasis digital yang lekat dengan efektivitas dan efisien kini semakin akrab dan tidak lagi dapat dihindarkan lagi. Khususnya di kalangan anak muda baik untuk kebutuhan komunikasi, konektivitas, bahkan hingga transaksi sehari-hari.

Salah satu teknologi yang sekarang banyak hadir adalah NFC atau Near Field Communication di perangkat smartphone. Dulu hanya hadir di perangkat mahal, sekarang untungnya NFC banyak hadir di hape murah dan lebih bisa dekat dengan pengguna smartphone pemula salah satunya di Realme C67.

Fitur NFC di Realme C67, tak banyak yang tahu, ternyata teknologi tersebut telah ditingkatkan. NFC atau Near Field Communication adalah sebuah teknologi nirkabel yang memungkinkan dua perangkat berkomunikasi satu sama lain.

NFC digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda, termasuk kontrol akses, pembayaran nirkabel, dan pertukaran data. Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan koneksi dan transaksi dengan lebih cepat dan efisien.

Walaupun saat ini tidak sulit menemukan perangkat smartphone yang telah mendukung fitur ini, namun fitur NFC pada smartphone umumnya masih terbatas pada fungsi mengecek dan mengisi saldo uang elektronik. Di lain sisi, realme memaksimalkan fungsi fitur NFC pada Realme C67 sehingga menawarkan berbagai fungsi untuk menjawab kebutuhan para anak muda.

Seperti juga sudah disinggung di atas, berkembangnya teknologi saat ini turut berdampak pada transformasi di berbagai aspek yang sebelumnya dilakukan secara konvensional. Seperti contoh, jika sebelumnya akses seperti pada perumahan, apartemen, hingga perkantoran dilakukan secara manual, kini akses pintu yang membutuhkan kartu akses semakin mudah ditemukan di sekitar kita.

Fitur NFC tersembunyi di Realme C67 adalah memungkinkan smartphone ini menduplikasi kartu akses yang dimiliki, sehingga kini anak muda tidak harus kesulitan membawa banyak kartu akses baik untuk mengakses gedung kantor atau apartemen bahkan rumah.

Bukan untuk tujuan tidak baik, fitur ini hadir untuk memudahkan pengguna jika kartu akses tersebut hilang atau rusak, dan butuh waktu untuk bisa mendapatkannya kembali. Fungsi duplikasi kartu akses melalui NFC merupakan jawaban yang paling praktis, karena sejumlah kartu dapat disimpan secara digital dalam sebuah smartphone.

Cara kerjanya, fitur ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi tinggi, yang mana gelombang radio ini mengirimkan data antara kredensial pada kartu dan alat pembaca, sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan akses secara nirkabel.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna cukup menduplikasi kartu akses ke dalam smartphone dan mendekatkannya ke alat deteksi pada pintu maupun gerbang untuk membuka akses. Melalui fitur NFC pada Realme C67 ini para pengguna akan mendapatkan kenyamanan dan kemudahan di era digitali seperti saat ini.

Fitur tersembunyi lainnya, memungkinkan pengguna untuk melakukan pertukaran data atau pairing dengan perangkat lain dilakukan secara nirkabel selain menggunakan Bluetooth. Kenapa bisa lebih mudah dari Bluetooth? Karena dalam praktiknya melakukan proses pairing tidak serta-merta mudah. Pengguna perlu melakukan beberapa langkah, seperti mencari sinyal Bluetooth perangkat yang ingin dihubungkan, memasukkan password, dan tidak jarang dibutuhkan input kode sebelum kedua perangkat dapat terkoneksi.

Namun demikian, jika perangkat yang ingin dihubungkan seperti headphone, speaker, atau AIoT dilengkapi dengan chip NFC, pengguna bisa menyentuhkan smartphone ber-NFC seperti Realme C67 di tempat yang sesuai, dan pairing akan dilakukan secara otomatis. Sebagai catatan, fungsi NFC di sini hanya untuk mempercepat proses pemasangan Bluetooth. Setelah proses pairing selesai, smartphone akan berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung melalui Bluetooth.

“Melalui fitur ini realme C67 akan memberikan kepraktisan dalam mendukung gaya hidup anak muda dan menjadikan smartphone ini pilihan solid di segmennya,” ujar Ellen Zhou Marketing Director Realme Indonesia belum lama ini di Jakarta.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #cara #kerja #realme #yang #banyak #orang #tahu #bisa #duplikasi #kartu #akses

KOMENTAR