Pesaing Samsung Galaxy Ring, Oura Ring Anyar Siap Meluncur
Produk Oura Ring. (Oura)
13:48
1 Agustus 2024

Pesaing Samsung Galaxy Ring, Oura Ring Anyar Siap Meluncur

Samsung telah mengenalkan Galaxy Ring melalui acara Galaxy Unpacked beberapa waktu lalu. Perangkat yang diyakini sebagai Oura Ring generasi anyar kini lolos sertifikasi resmi.

Sebagai informasi, Oura Ring adalah pemain lama di pasar smart ring atau cincin pintar. Mereka telah memasarkan produk cincin pintar untuk fitness sejak 10 tahun lalu. Oura kini menghadapi persaingan ketat dari Samsung dan Ultrahuman.

Dikutip dari 91Mobiles, Oura Ring anyar telah terlihat di lembaga resmi United States Patent. Lembaga paten dari Amerika Serikat itu menampilkan produk Oura Ring dengan dua kombinasi.

Oura Ring memiliki kombinasi satu bagian fleksibel dan satu bagian yang kaku. Bagian sebelumnya memungkinkan Oura menyesuaikan dimensi cincin agar sesuai dengan ukuran jari pengguna.

Baca Juga: Bocoran Tampilan Android 15 di HP Samsung, Ada Pemisahan Quick Setting

Menurut paten, radius bagian dalam yang fleksibel dapat berkisar antara 9 mm dan 13 mm. Meski masih spekulasi, namun desain ini diprediksi memberikan kenyamanan pada ukuran jari apa pun sekaligus meminimalkan keperluan membuat berbagai ukuran cincin.

Paten Oura Ring generasi anyar. (US Patent)Paten Oura Ring generasi anyar. (US Patent)

Dalam berkas paten, Oura menyebutkan bahwa memproduksi berbagai ukuran cincin membutuhkan biaya yang mahal. Tidak hanya dalam hal pembuatan dan R&D terkait, tetapi juga penyimpanan dan modal yang terikat dalam inventaris.

Oura Ring mengusung UWB, dukungan login FIDO 2, dan pelacakan ketinggian berbasis GPS. Paten tersebut mengungkap opsi konektivitas seperti 5G, 4G, Wi-Fi, seluler, Bluetooth, ultrawideband (UWB), NFC, Zigbee, frekuensi radio, dll.

Ini juga dapat berguna untuk mengautentikasi login tanpa kata sandi berbasis FIDO 2 ke berbagai platform. Oura Ring anyar bakal menghadirkan sensor untuk melacak detak jantung, oksigen darah, pembuluh darah, EKG/ECG, dan lain-lain.

Fitur cincin pintar tersebut juga mencakup pelacakan ketinggian berbasis GPS, akselerometer, giroskop, magnetometer, dan sensor tekanan. Sebagai pengingat, harga Samsung Galaxy Ring dibanderol sebesar 399,99 dolar AS atau Rp 6,5 juta. Seperti generasi pendahulu, harga Oura Ring diharapkan lebih kompetitif dibanding Galaxy Ring.

Baca Juga: Harta Ratusan Triliun, Pendiri Telegram Ini Pakai HP Samsung Murah

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #pesaing #samsung #galaxy #ring #oura #ring #anyar #siap #meluncur

KOMENTAR