6 Fitur Baru HyperOS 2.0 yang Dipastikan Hadir ke HP Xiaomi
Ilustrasi Xiaomi HyperOS 2.0. [Ist]
13:08
29 Juli 2024

6 Fitur Baru HyperOS 2.0 yang Dipastikan Hadir ke HP Xiaomi

Banyaknya rumor yang beredar tentang fitur HyperOS 2.0 membuat beberapa pengguna bingung. Namun, ada beberapa fitur baru HyperOS 20 yang dipastikan akan hadir.

Sistem operasi milik Xiaomi ini dijadwalkan akan dirilis pada Oktober 2024, bersamaan dengan pengenalan seri Xiaomi 15.

Dilansir dari Xiaomi Time pada Senin (29/7/2024), berikut ini enam fitur baru HyperOS 2.0 yang pasti akan diperkenalkan:

1. Panel aplikasi bergaya iOS

Baca Juga: Xiaomi 15 Ultra Pakai Dual Layer OLED, Janjikan Visual Premium?

Salah satu fitur yang paling dinanti adalah panel aplikasi terbaru bergaya iOS. Hal itu sempat disinggung oleh Xiaomi tiga bulan lalu melalui survei.

Panel baru aplikasi ini akan meniru kemulusan dan desain minimalis dari iOS, menjadi salah satu fitur favorit karena navigasinya yang mudah dan desainnya yang ramping.

2. RAM ekstra yang diperluas

HyperOS 2.0 akan menghadirkan peningkatan tambahan RAM. Setiap pengguna akan mendapatkan tambahan RAM minimal 6 GB dan bisa diperluas hingga maksimal 16 GB di HyperOS 2.0 versi Beta.

Batasan ini merupakan peningkatan yang cukup besar dari batasan sebelumnya, yang dulunya minimal 4 GB dan maksimal 8 GB.

Baca Juga: Xiaomi TV A Pro 43 dan 55 Rilis ke Indonesia, Smart TV Harga Rp 4 Jutaan

3. Peluncuran pembaruan yang komprehensif

Rilis HyperOS 2.0 akan hadir dengan semua perangkat diperbarui ke Android 14, meskipun sebagian besar akan berbasis Android 15.

Perangkat yang tidak memenuhi syarat untuk pembaruan Android 15 tetapi memiliki pembaruan ke Android 14 akan mendapatkan versi HyperOS 2.0 berbasis Android 14.

HyperOS 2.0. [HyperOS 2.0]HyperOS 2.0. [HyperOS 2.0]

4. Proses pengujian beta yang lebih ketat

HyperOS 2.0 akan didasarkan pada prosedur pengujian beta baru, yang lebih profesional dan terperinci untuk menghasilkan tahap pengujian yang akurat dan lebih cepat.

Dalam hal ini, penguji beta harus dipilih dengan cermat, bug yang dilaporkan harus diperiksa, dan akses ke perangkat lunak sejak versi beta harus diberikan kepada pengguna yang benar-benar berdedikasi.

Hal ini akan meningkatkan efektivitas fase beta dan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam memperbaiki bug.

5. Pengenalan LROFS

LROFS atau Lightweight Read-Only File System akan diperkenalkan di HyperOS 2.0.

Dengan hal ini, pengguna akan melihat peningkatan kinerja. Laporan awal menunjukkan peningkatan kinerja sistem secara keseluruhan, karena LROFS mengurangi waktu untuk akses dan pembacaan file. Hal ini sangat penting untuk aplikasi yang memerlukan akses cepat ke data dalam jumlah besar, seperti game berperforma tinggi atau aplikasi fotografi profesional.

Tak hanya itu, karena bersifat read-only, LROFS meningkatkan keamanan dan integritas dengan mencegah perubahan tidak sah pada file sistem.

6. Fitur AI yang ditingkatkan

HyperOS 2.0 akan memberi pengguna paparan penggunaan lebih awal di berbagai aplikasi, ditambah dengan kemampuan AI yang diperkaya di galeri, panggilan, dan perpesanan.

Peningkatan ini pada akhirnya akan membuat interaksi dengan perangkat menjadi lebih responsif untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Itulah beberapa fitur baru HyperOS 2.0 yang pasti akan diboyong oleh Xiaomi ke perangkatnya.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #fitur #baru #hyperos #yang #dipastikan #hadir #xiaomi

KOMENTAR