Bye Google Translate, WhatsApp Akan Hadirkan Penerjemah Chat
Ilustrasi WhatsApp. [Pexel]
12:40
29 Juli 2024

Bye Google Translate, WhatsApp Akan Hadirkan Penerjemah Chat

WhatsApp dilaporkan tengah mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna menerjemahkan chat secara langsung di dalam aplikasi. Dengan adanya fitur penerjemah ini, pengguna tidak perlu lagi bersusah payah membuka Google Translate.

Aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp membantu menyatukan orang-orang di seluruh dunia. Namun, satu kesenjangan komunikasi utama yang tidak dapat diatasi oleh aplikasi ini adalah bahasa.

Jika pengguna tidak memahami bahasa lawan bicara, memiliki aplikasi pesan instan terbaik pun tidak akan membantu.

Dilansir dari WABetaInfo pada Senin (29/7/2024), ditemukan bukti versi beta WhatsApp baru (2.24.15.12) di mana pengirim pesan instan tersebut saat ini sedang mengerjakan fungsi terjemahan.

Baca Juga: Fitur AI Galaxy Z Fold6 Akan Tersedia di HP Samsung Lawas

Setelah siap dirilis, pengguna akan dapat menerjemahkan pesan obrolan individual secara langsung. Selain itu, WhatsApp juga tampaknya merencanakan fungsi terjemahan otomatis untuk semua pesan dalam obrolan.

Dengan kata lain, semua pesan masuk di WhatsApp akan diterjemahkan secara otomatis. Kemudian, pengguna dapat mengetahui bahwa terjemahan telah dilakukan melalui catatan terkait yang muncul di bawah hasil terjemahan tersebut.

Terjemahan di WhatsApp. [WABetaInfo]Terjemahan di WhatsApp. [WABetaInfo]

Dari segi keamanan, WhatsApp dikenal sebagai aplikasi yang menawarkan enkripsi end-to-end. Secara teori, baik pihak ketiga maupun WhatsApp sendiri tidak memiliki akses terhadap komunikasi antara dua pihak.

Untuk memastikan hal itu tetap terjadi, proses penerjemahan harus dilakukan di smartphone pengguna. Namun, paket bahasa yang sesuai harus diunduh terlebih dahulu.

Menurut WABetaInfo, hanya beberapa bahasa yang akan tersedia pada awalnya. Ini termasuk bahasa Inggris, Arab, Spanyol, Portugis, Rusia, dan Hindi. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa WhatsApp akan menambahkan lebih banyak bahasa lain secara perlahan.

Baca Juga: Huawei Watch GT 5 Siap Masuk ke Indonesia, Bawa HarmonyOS Anyar

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #google #translate #whatsapp #akan #hadirkan #penerjemah #chat

KOMENTAR