Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Aman
Ilustrasi WhatsApp. [Pexel]
14:56
25 Juli 2024

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Aman

Ada beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Ikuti tutorial WhatsApp berikut ini untuk mengembalikan chat yang terhapus.

Seringkali kita melihat pengguna WhatsApp menghapus pesan yang telah mereka kirim, mungkin karena mereka memutuskan untuk alasan pribadi bahwa pesan tersebut tidak boleh terbaca lagi oleh kita.

Namun, terkadang kita ingin mengetahui apa yang sebenarnya mereka katakan dalam pesan yang telah dihapus tersebut. Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk melihat kembali pesan WhatsApp yang telah terhapus.

Jika kamu menggunakan Android, WhatsApp memungkinkan untuk membuat cadangan riwayat percakapan ke Google Drive atau penyimpanan internal. Ini bisa sangat berguna untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus atau hilang, tergantung pada pengaturan pencadangan otomatis yang sudah dipilih.

Baca Juga: Update Baru! WhatsApp Web Bisa Digunakan Tanpa Nomor Telepon

Namun, penting untuk diingat bahwa obrolan yang terjadi sebelum waktu pencadangan terakhir tidak dapat dikembalikan lagi setelahnya. Berikut cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus seperti yang tim Suara.com rangkum untuk kamu.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus

Ada dua cara utama untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus, tergantung pada apakah kamu pernah menggunakan fitur backup WhatsApp atau tidak:

Melalui Google Drive Backup (Android)

Cara ini hanya bisa dilakukan jika kamu sebelumnya sudah mengaktifkan backup chat WhatsApp ke Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga: 4 Ciri-ciri WA Disadap, Waspada saat Akun Tiba-tiba Log Out

  • Uninstall dan instal ulang WhatsApp.
  • Verifikasi nomor telepon kamu yang terdaftar di WhatsApp.
  • Saat proses instalasi, WhatsApp akan mendeteksi adanya backup di Google Drive kamu. Pilih Pulihkan (Restore) untuk mengembalikan chat dan media dari backup tersebut.

Melalui Local Backup (hanya untuk Android 9 atau lebih rendah)

WhatsApp menyimpan backup lokal di memori internal HP kamu. Cara ini hanya bisa mengembalikan chat, tidak termasuk media (foto dan video).  Catatan: Pastikan kamu sudah mematikan backup ke Google Drive terlebih dahulu.

  • Matikan backup ke Google Drive: Buka aplikasi Google Drive, ketuk Menu > Backup. Cari WhatsApp backup, lalu ketuk titik tiga dan pilih Turn off backup.
  • Uninstall dan instal ulang WhatsApp.
  • Saat proses instalasi, WhatsApp akan mencoba mencari backup lokal. Pilih Pulihkan (Restore) untuk mengembalikan chat dari backup tersebut.

Itulah cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba tutorial WhatsApp di atas.

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #mengembalikan #chat #whatsapp #yang #terhapus #dengan #aman

KOMENTAR