Terungkap! Ini Alasan Xiaomi Ganti Nama MIUI Jadi HyperOS
MIUI dan HyperOS. [Xiaomi]
18:16
19 Juli 2024

Terungkap! Ini Alasan Xiaomi Ganti Nama MIUI Jadi HyperOS

Sebagai perusahaan teknologi global terkemuka, Xiaomi telah dikenal dengan sistem operasinya yang menawarkan kustomisasi, MIUI.

Oleh karena itu, ketika Xiaomi memutuskan untuk mengubah nama MIUI menjadi HyperOS pada 31 Oktober 2023, pengumuman tersebut membuat sebagian besar pengguna heboh.

Dilansir dari Xiaomi Time pada Jumat (19/7/2024), ini dimulai dengan rencana untuk mengubah nama MIUI menjadi MiOS. Namun, upaya rebranding ini menemukan masalah karena Xiaomi tidak bisa mematenkan nama MiOS akibat terlalu mirip dengan awalan iOS, hanya berbeda satu huruf.

Kemiripan yang luar biasa ini akhirnya membuat kantor paten was-was karena menganggap nama-nama tersebut akan menimbulkan kebingungan dan lebih banyak perselisihan mengenai hukum.

Baca Juga: Pertumbuhan Pasar Xiaomi Naik Signifikan pada Q2 2024, Tempel Ketat Apple

Namun, Xiaomi tidak sepenuhnya membuang esensi asli MiOS. Pemeriksaan lebih lanjut terhadap kode sumber HyperOS sebenarnya mampu mengidentifikasi banyak contoh di mana nama MiOS masih ditemukan.

Sistem operasi terbaru Xiaomi, HyperOS, muncul di HP Poco X6 Pro 5G yang baru saja dipamerkan di Indonesia pada Jumat (26/1/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]Sistem operasi terbaru Xiaomi, HyperOS. [Suara.com/Dicky Prastya]

Transisi dari MiOS ke HyperOS tidak hanya menghindari terjeratnya hukum, namun juga guna mencirikan sistem operasi dengan identitas yang unik dan berkarakter.

Penamaan sistem operasi baru tersebut dimaksudkan untuk memberikan penekanan pada fitur-fitur dinamis dan serbaguna. Nama tersebut menekankan cita-cita perusahaan untuk membuat sistem yang bekerja dengan baik tanpa gangguan di semua platform dan perangkat.

Xiaomi HyperOS akan mengubah pengalaman pengguna dengan mengintegrasikannya antara rumah, mobil, dan ponsel.

Peluncuran HyperOS adalah contoh nyata lainnya yang menegaskan kembali fakta bahwa Xiaomi terus memberitakan pesan revolusi di bidang teknologi.

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi 15 Pro Bocor, Bakal Jadi Pesaing Samsung Galaxy S25?

Perubahan nama dari MIUI ke Xiaomi HyperOS tidak hanya berarti penggantian nama, tetapi juga penyelarasan strategis dari kemunculan pertama dan penegasan atas langkah tegas yang lebih dinamis dan terintegrasi.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #terungkap #alasan #xiaomi #ganti #nama #miui #jadi #hyperos

KOMENTAR