Beredar SMS Jebakan Curi Akun Apple ID, Waspada dan Kenali Modusnya
Ilustrasi iPhone. [Pixabay]
15:48
18 Juli 2024

Beredar SMS Jebakan Curi Akun Apple ID, Waspada dan Kenali Modusnya

Pengguna produk Apple, termasuk iPhone, MacBook dan iPad, diharap berhati-hati. Sebab saat ini muncul modus penipuan baru berupa SMS jebakan yang bisa mencuri akun Apple ID Anda.

Seperti diketahui, Apple ID adalah adalah akun yang Anda gunakan untuk mengakses semua layanan Apple dan membuat semua perangkat Anda bekerja sama dengan lancar.

Hanya dengan menggunakan Apple ID, maka semua yang tersimpan di perangkat Anda bisa dibuka di perangkat yang lain.

Selain itu, Apple ID akan memberikan kendali atas perangkat, akses ke informasi pribadi dan keuangan, dan potensi pendapatan melalui pembelian yang tidak sah.

Baca Juga: 5 Merek HP Terlaris Q2 2024: Samsung Memimpin, Apple dan Xiaomi Sikut-sikutan

Karena fungsi Apple ID begitu besar, banyak penipu yang mulai menargetkan akun Apple ID untuk bisa mengambil banyak hal dari pemilik produk Apple.

Serangan hacker untuk curi akun Apple ID

Situs resmi Broadcom mengabarkan jika beberapa pengguna Apple di AS banyak yang mendapatkan modus penipuan yang satu ini.

Dalam menjalankan aksinya, hacker melancarkan serangan bernama "smishing", yakni taktik rekayasa sosial phishing yang memanfaatkan SMS.

Broadcom menyebut bahwa saat ini, baru pengguna Apple di Amerika Serikat yang menjadi target dan belum ada laporan adanya terjadi serangan yang merugikan.

Baca Juga: Guncang Tahta Apple, Samsung Exynos 2500 Libas A15 Bionic di Skor Benchmark

Berikut adalah ciri SMS penipu yang bisa membuat hacker mengambil alih akun Apple ID Anda.

Hati-hati jika Anda mendapatkan SMS dengan bunyi seperti ini:

Pengguna Akan Menerima SMS dengan Kata-Kata seperti berikut: Apple important request iCloud: Visit signin[.]authen-connexion[.]info/icloud to continue using your services. (Permintaan penting Apple untuk iCloud, kunjungi situs untuk melanjutkan penggunaan layanan iCloud).

Biasanya, pelaku smishing membatasi akses ke situs web jahat mereka kepada pengguna di peramban seluler dan wilayah tertentu untuk menghindari deteksi oleh sistem pemantauan.

Namun, dalam kasus ini, situs web jahat dapat diakses dari peramban desktop dan seluler. Untuk menambahkan lapisan legitimasi yang dipersepsikan, mereka telah menerapkan CAPTCHA yang harus diselesaikan pengguna.

Setelah ini, pengguna diarahkan ke halaman web yang meniru template login iCloud yang sudah ketinggalan zaman.

Dengan mekanisme yang demikian, maka hacker akan bisa mencuri akun Apple ID Anda dan menggunakannya untuk kejahatan tertentu.

Mengacu pada alasan tersebut, Suara.com menyarankan agar Anda tidak mudah mengklik link dari nomor yang tidak dikenal yang mengatasnamakan Apple.

Ini bisa menghindari akun Apple ID Anda dicuri hacker dan digunakan untuk hal-hal yang merugikan.

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #beredar #jebakan #curi #akun #apple #waspada #kenali #modusnya

KOMENTAR