Cara Menggunakan Nearby Share di Android
Ilustrasi Nearby Share. (developers.google.com)
07:08
19 Januari 2024

Cara Menggunakan Nearby Share di Android

Berbagi file besar antar ponsel Android bisa jadi menyusahkan. Untungnya, Google memiliki solusi dengan memperkenalkan fitur Nearby Share.

Awalnya ini dikenal sebagai Nearby Share, namun sekarang disebut sebagai Quick Share. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi gambar, video, file tautan, dan kata sandi WiFi dengan mudah antara perangkat Android, Chromebook, dan Windows.

Cara kerja Nearby Share mirip dengan AirDrop. Bagi pengguna Samsung, fitur ini disebut Quick Share.

Berikut ini cara menggunakan Nearby Share di perangkat Android:

Nearby Share tidak aktif secara default, sehingga pengguna harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu. Buka Settings Google > Devices and sharing > Nearby Share dan aktifkan.

Pengguna biasa mungkin ingin menambahkan pintasan ke menu Quick Settings ponsel jika belum ada. Geser ke bawah untuk membuka menu Quick Settings dan klik ikon pena di sebelah pengaturan. Cari Nearby Share di daftar tombol tambahan dan seret ke pintasan.

Nearby Share. (Google Support)Nearby Share. (Google Support)

Cara mengirim file menggunakan Nearby Share.

Temukan dokumen, gambar, foto, atau tautan yang ingin pengguna kirimkan ke orang lain dan klik ikon Share. Tergantung pada jenis file dan lokasinya, pengguna mungkin harus menekan lama atau mengetuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

Pengguna akan melihat ikon di bagian atas yang bertuliskan Nearby. Cari Nearby Share di daftar aplikasi jika pengguna tidak melihat tombolnya.

Ponsel akan mencari ponsel Android lainnya. Ketuk namanya ketika muncul di menu. Ponsel pengguna akan menghasilkan kode PIN empat digit yang dapat digunakan orang lain untuk memverifikasi bahwa pengguna mengirimkan file tersebut.

Itulah langkah-langkah sederhana yang bisa pengguna lakukan untuk menggunakan Nearby Share di Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menggunakan #nearby #share #android

KOMENTAR