Cara Kalibrasi Baterai HP Android, Ikuti Panduan Ini
Ilustrasi mengisi daya baterai HP. [Unsplash/Onur Binay]
19:56
10 Juli 2024

Cara Kalibrasi Baterai HP Android, Ikuti Panduan Ini

Cari tahu bagaimana cara kalibrasi baterai HP Android dengan mudah dan praktis? Ikuti tutorial HP Android ini untuk melakukan kalibrasi baterai.

Kalibrasi baterai pada HP Android adalah proses untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemantauan daya baterai agar lebih akurat. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk membantu perangkat dalam menghitung dan menampilkan estimasi daya baterai yang lebih akurat.

Ini dapat meningkatkan keandalan pemantauan daya baterai, mengurangi kemungkinan penurunan yang cepat dalam performa baterai, dan memastikan bahwa indikator persentase baterai yang ditampilkan pada layar adalah lebih akurat.

Namun, tidak semua perangkat memerlukan kalibrasi baterai secara rutin, terutama jika baterai kamu masih berfungsi dengan baik dan tidak mengalami masalah kapasitas yang signifikan. Kalibrasi baterai umumnya disarankan dilakukan hanya jika kamu melihat penurunan drastis dalam masa pakai baterai atau jika ada ketidaksesuaian antara indikator baterai dan kinerja sebenarnya.

Baca Juga: Cara Kirim File Sesama HP Android dengan Quick Share, Mudah dan Cepat

Berikut cara kalibrasi baterai HP Android yang tim Suara.com rangkum untuk kamu.

Cara Kalibrasi Baterai HP Android

  1. Kosongkan baterai hingga mati sendiri.
  2. Hidupkan lagi dan biarkan mati sendiri.
  3. Colokkan HP kamu ke pengisi daya, tanpa menyalakannya, biarkan mengisi daya hingga indikator di layar atau LED menunjukkan 100 persen.
  4. Cabut pengisi daya.
  5. Hidupkan HP kamu. Kemungkinan indikator baterai tidak menunjukkan 100 persen, jadi pasang kembali pengisi daya (biarkan HP menyala) dan lanjutkan mengisi daya hingga dikatakan 100 persen di layar juga.
  6. Cabut dan mulai ulang. Jika tidak tertulis 100 persen, pasang kembali pengisi daya hingga tertulis 100 persen di layar.
  7. Ulangi siklus ini hingga dikatakan 100 persen tanpa dicolokkan.
  8. Sekarang, biarkan baterai habis hingga 0 persen dan biarkan HP mati lagi.
  9. Isi penuh baterai sekali lagi tanpa gangguan dan harus menyetel ulang persentase baterai sistem Android.

Ulangi proses yang sama kurang lebih selama seminggu. Biarkan HP mati, coba nyalakan berulang kali hingga logo booting tidak muncul lagi, lalu isi daya hingga 100% tanpa menyalakannya.

Setelah kamu selesai melakukannya, pengukur baterai perangkat lunak harus benar-benar sesuai dengan tingkat pengisian fisik baterai. Itulah cara kalibrasi baterai HP Android yang bisa kamu coba. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas. 

Kontributor : Pasha Aiga Wilkins

Baca Juga: Cara Membersihkan Penyimpanan Lainnya di HP Android

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #kalibrasi #baterai #android #ikuti #panduan

KOMENTAR