Blokir Android, Microsoft Bagi-bagi iPhone 15 Gratis Buat Kerja Karyawan di China
iPhone 15 Pro Max. [Unsplash/Amanz]
16:16
9 Juli 2024

Blokir Android, Microsoft Bagi-bagi iPhone 15 Gratis Buat Kerja Karyawan di China

Microsoft melarang para pekerja di China menggunakan HP Android dan menggantinya dengan iPhone. Kebijakan ini mulai berlaku pada September 2024 mendatang.

Alasan Microsoft memblokir HP Android yakni agar perangkat itu tidak bisa mengintip sumber daya yang dimiliki perusahaan, dikutip dari Android Authority, Selasa (9/7/2024).

Lewat memo internal perusahaan, Microsoft menyatakan kalau dilarangnya HP Android karena tidak adanya layanan Google Play Store di China.

Sebab toko aplikasi Google itu banyak menyediakan aplikasi buatan Microsoft, misalnya Microsoft Authenticator dan Identity Pass, yang kini wajib dipakai semua karyawan.

Baca Juga: Ada Eks Inter Milan, 5 Pemain Paling Berbahaya di Grup Neraka Kontra Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lebih lagi China memang memblokir layanan Google Play Store. Jadi App Store milik Apple adalah satu-satunya toko aplikasi yang menyediakan platform tersebut.

Untuk menerapkan kebijakan ini, Microsoft bakal menyediakan iPhone 15 bagi semua karyawan China masih menggunakan HP Android. Tapi para pegawai masih diizinkan menggunakan Android untuk keperluan pribadi, bukan pekerja.

Diketahui kebijakan Microsoft muncul usai banyaknya serangan siber yang terjadi beberapa waktu belakangan. Salah satunya yakni serangan hacker Rusia yang banyak mempengaruhi banyak lembaga pemerintah Amerika Serikat.

Perusahaan teknologi asal AS itu kemudian merilis Secure Future Initiative, sebuah inisiatif untuk meningkatkan protokol keamanan produknya.

Di sisi lain, kebijakan Microsoft ini juga menarik perhatian karena berkaitan dengan perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Perhatian Buat Pelanggan XL Axiata, Begini Cara Dapatkan Bonus Kuota Dua Kali Lipat hingga 240GB

Pasalnya, Pemerintah China baru-baru ini melarang para PNS untuk menggunakan perangkat asing di tempat kerja. Nah di AS sendiri, mereka juga memberlakukan sanksi ketat pada perusahaan China yang beroperasi di sana.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #blokir #android #microsoft #bagi #bagi #iphone #gratis #buat #kerja #karyawan #china

KOMENTAR