Sah, Apple Kini Anggap iPhone X Sebagai 'HP Jadul'
iPhone X [Gizmochina]
08:08
8 Juli 2024

Sah, Apple Kini Anggap iPhone X Sebagai 'HP Jadul'

iPhone X akhirnya resmi dimasukkan ke daftar vintage products alias HP jadul Apple. Pasalnya, ponsel itu sudah dihentikan produksinya selama lebih dari lima tahun.

Bagi yang belum tahu, Apple memang memiliki daftar klasifikasi untuk perangkat lama mereka. Perusahaan membaginya dalam dua kategori, yakni 'Vintage' dan 'Obsolete'.

Vintage products adalah perangkat Apple yang sudah tak lagi dijual selama lebih dari lima tahun, tapi masih belum sampai tujuh tahun.

Sedangkan obsolete products adalah perangkat Apple yang sudah dihentikan penjualannya selama lebih dari tujuh tahun.

Baca Juga: Cara Mengubah Tampilan Xiaomi HyperOS Jadi Mirip iPhone, Pakai Trik Ini

Untuk label vintage, Apple memang masih memberikan layanan perbaikan selama dua tahun ke depan. Namun servis itu tergantung pada ketersediaan komponen maupun suku cadang.

Sedangkan label obsolete lebih tragis lagi karena Apple maupun distributor resminya tidak lagi bisa memperbaiki perangkat tersebut. Jadi pengguna harus mengganti dengan produk baru apabila sudah rusak.

Kilas balik iPhone X

iPhone X adalah ponsel yang diluncurkan Apple pada 12 September 2017 silam. Perangkat ini kemudian tersedia di toko tiga bulan setelahnya, yaitu 3 November 2017.

iPhone X adalah salah satu perangkat revolusioner Apple di masanya. Sebab ponsel ini dirilis bersamaan dengan ulang tahun iPhone ke-10.

Baca Juga: Nasabah BRI Bisa Dapat iPhone 15 Pro Gratis, Simak Caranya di Sini!

Keunggulan iPhone X kala itu adalah menghilangnya tombol Home dan tampil dengan layar penuh seluas 5,8 inci. HP ini juga menjadi perangkat pertama dengan layar Super Retina OLED, membuatnya lebih cerah dan hitam pekat.

Keunggulan iPhone X lainnya adalah debut Face ID alias sensor wajah. Fitur ini menggantikan sensor sidik jari Touch ID di iPhone generasi sebelumnya.

Sensor Face ID ini diklaim lebih aman dan mulus untuk membuka kunci ponsel ketimbang tombol Home. Kehadiran kamera TrueDepth juga membuat sensor Face ID lebih intuitif.

iPhone X menggunakan chip A11 Bionic yang merupakan prosesor pertama Apple dengan beragam keunggulan. Teknologi ini mampu meningkatkan kemampuan machine learning, baik dari foto hingga augmented reality (AR).

Selain itu, iPhone X juga membawa keunggulan seperti charger nirkabel dan desain baja dan kaca yang membuat ponsel terkesan mewah, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Minggu (7/7/2024).

iPhone X sendiri dirilis ke Indonesia pada Desember 2017. Harga iPhone X dijual Rp 17.999.000 untuk 64GB dan Rp 20.799.000 untuk 256GB.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #kini #anggap #iphone #sebagai #jadul

KOMENTAR