Xiaomi vs Redmi, Mana yang Dapat Pembaruan Lebih Cepat?
Ilustrasi HP Xiaomi. [Suara.com/Dicky Prastya]
12:56
2 Juli 2024

Xiaomi vs Redmi, Mana yang Dapat Pembaruan Lebih Cepat?

Sebagai sub-merek Xiaomi, HP Redmi kerap menjadi perbandingan dalam hal pembaruan Android. Banyak pengguna yang penasaran apakah Xiaomi atau Redmi yang mendapatkan pembaruan lebih cepat.

Strategi pembaruan Xiaomi memprioritaskan model perangkat tertentu untuk pembaruan dibandingkan yang lain. Tidak ada peluncuran yang seragam di semua perangkat, sementara Redmi mengikuti pendekatan hierarki.

Oleh karena itu, pertanyaan antara Redmi atau Xaomi yang mendapatkan pembaruan terlebih dahulu harus dijawab berdasarkan jenis pembaruan dalam diskusi. Secara umum, ada dua jenis pembaruan utama seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Pembaruan Xiaomi HyperOS: Pembaruan tentang skin Android kustom Xiaomi, yaitu Xiaomi HyperOS. Ini mencakup perubahan antarmuka, fitur baru, dan optimalisasi sistem.
  • Pembaruan OS Android: Peningkatan sistem operasi utama, seperti saat perangkat diperbarui dari Android 13 ke Android 14.
Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/c Trnh]Ilustrasi HP Xiaomi. [Unsplash/c Trnh]

Pada upgrade Xiaomi HyperOS, Xiaomi masih lebih mengunggulkan seri unggulan seperti Mi dan Mi Mix dibandingkan yang lain. Ini biasanya menghadirkan teknologi terbaik untuk pengguna dan biasanya yang pertama menerima peningkatan Xiaomi HyperOS baru.

Baca Juga: Cara Aktifkan Panel Edge di HP Samsung, Akses Aplikasi Lebih Cepat

Namun, di seluruh seri Redmi, pembaruan cenderung dilakukan dengan cepat. Hal ini karena popularitas ditambah dengan volume penjualan yang dimiliki Redmi.

Oleh karena itu, meskipun perangkat Xiaomi yang paling penting dan paling premium mendapatkan prioritas, perangkat Redmi mereka yang lebih populer juga tidak ketinggalan.

Di sisi lain, kasusnya sedikit berbeda untuk pembaruan OS Android. Biasanya, karena terkendala oleh pasar, perangkat andalan Xiaomi akan mendapatkan pembaruan versi Android terbaru sebelum perangkat kelas menengah.

Tetapi, perangkat Redmi bisa mendapatkan pembaruan OS Android secara relatif lebih cepat dibandingkan model Xiaomi tertentu yang tidak terlalu laris berkat penjualan HP Redmi yang lebih laku.

Baca Juga: 3 Kelebihan MIUI Ini Menjadikannya Patut Dipertimbangkan di HP Xiaomi

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #xiaomi #redmi #mana #yang #dapat #pembaruan #lebih #cepat

KOMENTAR