Aplikasi SiPEPEK Karya Pemerintah Cirebon Jadi Olok-olokan di X, Netizen: Mereka yang Bikin, Gue yang Malu
Aplikasi SiPEPEK karya pemerintah Kabupaten Cirebon. (cirebonkab)
14:56
30 Juni 2024

Aplikasi SiPEPEK Karya Pemerintah Cirebon Jadi Olok-olokan di X, Netizen: Mereka yang Bikin, Gue yang Malu

Pemerintah Kabupaten Cirebon menuai kritik dari netizen usai membuat aplikasi bernama SiPEPEK. Nama aplikasi yang dibuat khusus sebagai pelayanan program kemiskinan ini menjadi olok-olokan di X hingga menuai berbagai komentar sindiran.

Dalam cuitan akun @haansaplast belum lama ini, terlihat screenshot aplikasi SiPEPEK karya pemerintah Kabupaten Cirebon. Terlihat di screenshot tersebut, aplikasi ini dibuat khusus sebagai sistem pelayanan program penanggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan.

"Mereka yang bikin aplikasi, gue yang malu" tulis akun tersebut.

Tidak hanya berupa aplikasi, SiPEPEK juga bisa diakses di laman situs resmi pemerintah Kabupaten Cirebon yaitu di sipepek.cirebonkab.go.id. Situs dan aplikasi ini dibuat khusus untuk diakses oleh warga Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto dan Video WhatsApp yang Terhapus

Usai viral, penggunaan nama SiPEPEK di aplikasi ini menuai kritik dari netizen. Banyak yang kemudian mengolok-olok nama tersebut yang justru digunakan di lembaga pemerintahan resmi.

Nama aplikasi SiPEPEK ini dirasa tidak sopan oleh netizen yang memberi kritik pedasnya. Berdasarkan laman KBBI Online, 'Pepek' merujuk pada alat kelamin wanita. Usai cuitan akun @haansaplast ini viral, berbagai komentar lalu ditinggalkan oleh netizen.

"Duh gimana ini wkwkwk bikin malu aja" balas netizen.

"Yang penting anggaran cair dulu, nama mah bodo amat" ungkap akun lainnya.

"Mantap, ini waktu meeting apa gak ketawa-ketawa ngomongin namanya?" komentar netizen.

Baca Juga: Cara Memeriksa Tingkat Kualitas Udara Lewat Google Maps

"Siapa sih orang yang pertama kali memberi ide nama ini waktu meeting. Dan siapa orang pertama yang bilang setuju menggunakan nama ini" tulis akun lainnya.

Usai menuai berbagai reaksi di X setelah viral, pemerintah Kabupaten Cirebon diduga melakukan perubahan pada laman utama situs dan aplikasi SiPEPEK.

Ketika diakses siang ini, Minggu (30/6/2024, laman resmi SiPEPEK sudah menjelaskan asal mula penggunaan nama tersebut. Dalam bahasa Cirebon, 'Pepek' atau 'Pepeg' adalah lengkap atau komplit.

Arti kata ini yang kemudian digunakan oleh pemerintah Kabupaten Cirebon untuk layanan program kemiskinan tersebut. Hingga kini, perbincangan mengenai aplikasi SiPEPEK masih menjadi sorotan di X hingga viral.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #aplikasi #sipepek #karya #pemerintah #cirebon #jadi #olok #olokan #netizen #mereka #yang #bikin #yang #malu

KOMENTAR