Google Kembangkan Chatbot AI, Mampu Tiru Selebriti dan Influencer
Logo Google. [Kai Wenzel/Unsplash]
11:08
26 Juni 2024

Google Kembangkan Chatbot AI, Mampu Tiru Selebriti dan Influencer

Google dilaporkan sedang mengembangkan chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang mampu meniru selebriti dan influencer. Proyek ini mirip dengan startup Character.ai dan layanan milik Meta.

Menurut The Information, Chatbot selebriti Google akan ditenagai oleh keluarga model bahasa besar Gemini milik perusahaan. Perusahaan kabarnya sedang menjalin kemitraan dengan influencer serta selebriti.

Selain itu, mereka juga mengerjakan fitur yang memungkinkan orang membuat chatbot mereka sendiri hanya dengan mendeskripsikan kepribadian dan penampilan mereka.

Ini cukup mirip dengan fitur yang ditawarkan oleh Character.ai. Sebagai informasi, Noam Shazeer, salah satu pendiri Character.ai, adalah mantan insinyur Google dan salah satu pencipta "transformator".

Baca Juga: Realme Gandeng Google, Qualcomm, dan Microsoft Buat Garap Tren HP AI

Ia menciptakan teknologi dasar yang memungkinkan AI generatif berkembang seperti saat ini. Melalui bahasa pemrograman khusus, chatbot AI dari Google menawarkan fitur bercakap-cakap dengan karakter virtual yang dimodelkan berdasarkan selebriti dan influencer YouTube.

Dikutip dari Engadget, sejauh ini belum diketahui terkait selebritas atau influencer mana yang mungkin akan bermitra dengan Google. Chatbot Meta misalnya, mereka menggandeng bintang TikTok Charli D'Amelio dan sejumlah influencer YouTube seperti Mr. Beast, Snoop Dogg, Tom Brady, dan Paris Hilton.

Character.ai sendiri menawarkan tokoh virtual yang mencakup politisi, filsuf, karakter fiksi, dan bahkan benda seperti balok keju yang dapat berbicara. Proyek Chatbot AI Google ini kabarnya dipimpin oleh seorang eksekutif lama bernama Ryan Germick yang bekerja di Google Doodles, dan tim beranggotakan sepuluh orang.

Program tersebut kemungkinan hanya sebuah eksperimen yang muncul di Google Labs. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bila mereka mengintegrasikan platform chatbot ke YouTube.

Baca Juga: Fitur Baru Circle to Search di Android, Bisa Lakukan Pencarian Audio dan Musik

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #google #kembangkan #chatbot #mampu #tiru #selebriti #influencer

KOMENTAR