Lama Dinanti, Huawei Segera Luncurkan HarmonyOS NEXT Beta
Ilustrasi HarmonyOS. [wu yi/Unsplash]
13:00
23 Juni 2024

Lama Dinanti, Huawei Segera Luncurkan HarmonyOS NEXT Beta

Setelah lamanya penantian perilisannya, akhirnya Huawei mengungkap informasi mengenai HarmonyOS NEXT Beta. Sebelumnya, sistem operasi garapan perusahaan tersebut sempat diperkenalkan dalam gelaran Huawei Developer Conference (HDC) tahun 2023 lalu.

Sistem operasi versi baru yang lebih segar serta diberi nama HarmonyOS NEXT Beta ini akhirnya kembali muncul dalam gelaran Huawei Developer Conference (HDC) tahun 2024.

Dilansir dari GSM Arena, HarmonyOS NEXT Beta tidak lagi bergantung pada Android. Sistem operasi ini akan sepenuhnya bekerja sama dengan menggunakan sistem Linux.

HarmonyOS NEXT Beta nantinya didasarkan pada OpenHarmony yang adalah sistem operasi berbasis mikrokernel. Di sisi lain, HarmonyOS NEXT memiliki HarmonyOS microkenel yang membuatnya ciamik.

Baca Juga: Huawei Berhasil Kalahkan Apple, Pertama Kali Dalam Sejarah

Sistem operasi ini hanya mendukung aplikasi APP asli melalui Ark Compiler dengan dukungan inti Huawei Mobile Services (HMS). Secara sederhana, aplikasi di sistem operasi ini tidak memiliki kompatibilitas dengan aplikasi dan file Android APK.

Secara tampilan, HarmonyOS NEXT nampak sama dengan sistem operasi lainnya namun hanya tersedia dalam versi mobile. Kemungkinan di beberapa waktu mendatang, sistem operasi ini akan tersedia untuk seluruh perangkat.

HarmonyOS NEXT disebut-sebut memiliki kecepatan konektivitas tinggi yang meningkat hingga 3 kali dan menghasilkan koneksi yang lebih cepat antar perangkat.

Konsumsi daya secara keseluruhan di HarmonyOS NEXT juga berkurang sebesar 20 persen. Fitur menonjol lainnya adalah arsitektur terpadu tanpa batas yang memadukan lokal dan cloud.

HarmonyOS NEXT Beta disebut-sebut akan rilis secara khusus di China nantinya. Sayangnya, Huawei masih belum mengungkap kapan sistem operasinya ini akan dirilis resmi.

Baca Juga: iPhone Lipat Akan Berdesain Mirip Huawei Mate Xs 2

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #lama #dinanti #huawei #segera #luncurkan #harmonyos #next #beta

KOMENTAR