Makin Aman! Apple Bakal Rilis iOS 17.3, Hadirkan Perlindungan Perangkat Dicuri
Apple aktifkan fitur video spasial di iOS 17.2 Beta 2. (9to5Mac)
13:40
18 Januari 2024

Makin Aman! Apple Bakal Rilis iOS 17.3, Hadirkan Perlindungan Perangkat Dicuri

 

Para pengguna Apple patut berbahagia, sebab Apple bakal merilis pembaruan perangkat lunak dengan sistem perlindungan tinggi.

Rencananya pembaharuan ini akan diluncurkan Minggu depan oleh Apple. Pembaruan perangkat lunak itu yakni iOS 17.3, yang memberikan perlindungan penuh bagi penggunanya.

Pembaruan perangkat lunak ini juga akan memberikan fitur-fitur baru salah satunya daftar Apple Music kolaboratif.

Namun, fitur yang paling ditunggu-tunggu di iOS ini adalah Perlindungan Perangkat yang dicuri, sebuah pengaturan keamanan yang memberikan lapisan perlindungan ekstra jika seseorang mencuri iPhone dan juga mendapatkan kode sandi.

Fitur ini dapat diaktifkan melalui Pengaturan > Face ID & Passcode > Perlindungan Perangkat Tercuri.

Cara kerja perlindungan perangkat yang dicuri ini memerlukan penggunaan deteksi wajah ID atau Touch ID sebelum melakukan tindakan sensitive.

Tindakan sensitif itu seperti mengakses kata sandi atau passkey yang disimpan di iCloud Keychain, menggunakan metode pembayaran yang disimpan di Safari, dan berinteraksi dengan beberapa tindakan Apple Cash dan Apple Card Savings tertentu di aplikasi Wallet, seperti mengirim uang ke rekening bank.

Selain itu, akan ada penundaan keamanan jika pengguna mengubah pengaturan sensitif, termasuk membuat kata sandi ID Apple baru, mematikan Cari Milik Saya, dan memperbarui pengaturan keamanan ID Apple tertentu seperti menghapus perangkat atau nomor telepon tepercaya.

Namun, tidak diperlukan penundaan saat iPhone pengguna berada di rumah, kantor, atau lokasi lain yang familiar.

Fitur perlindungan baru Apple tampaknya menjadi solusi atas masalah serius yang dilaporkan The Wall Street Journal tahun lalu.

Pencuri ditemukan memata-matai kode sandi pengguna iPhone di tempat umum sebelum mencuri perangkat tersebut.

Memiliki akses ke kode sandi memungkinkan mereka dengan cepat mengubah kata sandi ID Apple dan kemudian mengakses informasi sensitif yang disimpan di Rantai Kunci iCloud.

Kemungkinan besar Apple juga akan meluncurkan daftar putar kolaboratif Apple Music sebagai bagian dari pembaruan iOS 17.

Fitur daftar putar kolaboratif Apple Music memungkinkan pelanggan membuat daftar putar dengan orang lain, yang sangat bagus untuk teman dan anggota keluarga yang ingin menjalin ikatan karena selera musik yang sama.

Selain itu, pengguna dapat menggunakan emoji untuk bereaksi terhadap pilihan lagu di "Sedang Diputar".

Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengklik ikon berbentuk orang di playlist, yang kemudian akan memberikan link.

Beberapa orang dapat ditambahkan, dan setiap orang memiliki kemampuan untuk menambah, menyusun ulang, dan menghapus lagu.

Namun, admin playlist juga dapat memilih untuk menyetujui permintaan lagu yang akan ditambahkan. Mereka juga memiliki dapat menghapus orang dan mematikan fitur kolaborasi.

Spotify, salah satu pesaing terbesar Apple Music, meluncurkan fitur playlist kolaboratif real-time, “Jam,” pada bulan September. 

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #makin #aman #apple #bakal #rilis #hadirkan #perlindungan #perangkat #dicuri

KOMENTAR