Review realme GT 6, Kembalinya Flagship Killer Tandem Chipset Powerful dan AI Hasilkan Performa Kelas Atas
realme GT 6. (Dok: realme)
11:32
21 Juni 2024

Review realme GT 6, Kembalinya Flagship Killer Tandem Chipset Powerful dan AI Hasilkan Performa Kelas Atas

Setelah sempat vakum untuk merilis smartphone flagshipnya di Indonesia, realme kali ini semangat membawa realme GT 6 ke Tanah Air, bersamaan dengan peluncuran globalnya pada tanggal 20 Juni 2024.

Sesuai serinya, smartphone ini menjadi tombak inovasi realme dalam menyajikan pengalaman smartphone terbaik ke para fansnya. realme GT 6 datang dengan spesifikasi terdepan melalui chipset Snapdragon 8s Gen 3, layar super terang 6000 nits, dan juga menjual teknologi AI buatannya. Tidak hanya itu, desain yang dibawa juga tergolong menekankan posisi smartphone ini sebagai pengisi pasar kelas atas.

Sebelum menjatuhkan hati untuk meminang realme GT 6, alangkah baiknya simak dahulu impresi dari smartphone ini selama penggunaan kurang lebih satu minggu berikut.

Desain dan isi boks

Baca Juga: HP Lipat Tiga Huawei Dinilai Ambisius, Hadapi Beberapa Tantangan

Hingga saat ini realme masih baik hati dengan memberikan aksesori yang cukup lengkap. Saat membuka dus realme GT 6 akan ditemukan unit realme GT 6, adaptor 120W, kabel USB-A to USB-C, SIM ejector, panduan penggunaan, dan case pelindung solid-matte yang terlihat premium.

realme GT 6 dijual dengan dua pilihan warna yaitu Razor Green dan seperti unit review kami yakni Fluid Silver. Bicara desain secara keseluruhan smartphone realme GT 6 terlihat mengkilap dengan pantulan yang intens. Disebut dengan Nano Mirror Design, realme bisa mengemas smartphone ini sedemikian rupa sehingga saat pandangan pertama akan langsung dapat dinilai bahwa ini adalah smartphone flagship.

realme menyebutkan proses Misty AG menjadi rahasia pesona ini sehingga bodi realme GT 6 mampu berikan pantulan sempurna layaknya cermin yang futuristik, dengan ketebalan bodi 8,6mm.

Smartphone dengan sertifikasi IP65 ini nyaman saat digenggam karena memiliki sudut kiri dan kanan yang melengkung baik bagian layar maupun bagian belakang.

(Dok: realme)(Dok: realme)

Karena masuk ke kategori smartphone kelas atas, realme GT 6 menggunakan material kaca pada bagian belakang dan plastik yang kokoh sebagai bezel mengelilingi smartphone. Hal ini menambah kesan premium yang disajikan.

Baca Juga: Spesifikasi Nubia Neo 2 5G, HP Rp 2 Jutaan dengan Shoulder Triggers

(Dok: realme)(Dok: realme)

Peletakan tombol layaknya standar realme yaitu meletakkan tombol volume dan power di sebelah kanan. Bagian bawa juga terisi dengan lubang speaker, port USB-C, mic dan Sim tray.

Sedangkan di bagian atas ada yang spesial. Untuk kali pertama realme menyertakan sensor IR yang berfungsi sebagai remote control. Selain itu ada juga lubang speaker kedua serta mic kedua.

(Dok: realme)(Dok: realme)

Layar

Aman untuk dikatakan bahwa realme GT 6 menjadi satu-satunya smartphone dengan layar terang 6000 nits, yang sebelumnya menjadi tingkatan kecerahan yang umum ditemukan di televisi. Saat dicoba melihat layar dalam paparan sinar matahari yang kuat, layar ini masih mampu melawan dengan memberikan tampilan yang jelas jika dibandingkan dengan smartphone lain.

Dengan resolusi FHD+, layar AMOLED LTPO 8T berukuran 6,78 inci ini mengantongi sertifikasi HDR 10+, Pro-XDR, dan Dolby Vision untuk jaminan tampilan sempurna. Jika masih kurang sesuai tersedia juga konfigurasi manual RGB sehingga lebih presisi untuk preferensi pengguna.

realme turut mengklaim keamanan lengkap untuk mata di bagian layar ini dengan perlindungan SGS AI Eye-Protection Display dan TÜV Rheinland Strobe-free Certification. Untuk jaminan keandalan layar, realme GT 6 juga telah mendapatkan SGS Five-star Sunlight-Readable Display; SGS Five-star Esports Display; serta Dolby Vision Playback And Capture.

Sedangkan untuk perlindungan dari luar, selain dipasangkan langsung film penahan goresan, realme GT 6 mengusung kaca Corning Gorilla Glass Victus 2.

Layar yang masih terlihat jelas saat terkena sinar matahari kuat. (Dok: realme)Layar yang masih terlihat jelas saat terkena sinar matahari kuat. (Dok: realme)

Kamera

Meski performa dan layar menjadi dua hal yang sangat dijual oleh realme, tapi realme GT 6 nyatanya juga masih mempertahankan kelas flagship di sektor fotografi. Kamera utama realme GT 6 dipasangkan sensor Sony LYT-808 50MP lengkap dengan OIS.

Kamera berikutnya yang dibawa merupakan kamera telefoto JN5 50MP untuk tangkapan portrait serta dukungan zoom yang baik. Tidak terlupa adanya kamera ultra-wide yang beresolusi 8MP dan kamera selfie 32MP.

(Dok: realme)(Dok: realme)

Ada sejumlah pengolahan software pada realme GT 6 guna memaksimalkan potensi hardware yang digunakan. Seperti yang disebutkan di awal, realme kali ini menekankan AI sebagai motor yang meningkatkan kinerja smartphone di berbagai aspek.

Night Mode di realme GT 6 salah satunya yang memanfaatkan AI, sehingga hasilnya akan terlihat lebih sempurna antara pemisahan area gelap dan sumber cahaya. Portrait Mode juga mampu sajikan pembesaran optik sehingga tetap mempertahankan kualitas tangkapan.

Ada pula mode penangkapan Fast Capture yang dioptimalkan hingga 200ms, sehingga tangkapan super cepat menghindari gambar yang blur meski hanya sekadar menekan tombol. Terakhir masih bisa ditemukan Street Mode 4.0 yang menyediakan berbagai filter dan konfigurasi lensa untuk penyesuaian gaya pemotretan yang artistik.

(Dok: realme)Mode normal. (Dok: realme)Ultra Wide. (Dok: realme)Ultra Wide. (Dok: realme)4x Telefoto. (Dok: realme)4x Telefoto. (Dok: realme)Foto Mode Malam. (Dok: realme)Foto Mode Malam. (Dok: realme)Close-up. (Dok: realme)Close-up. (Dok: realme)

Untuk sektor perekaman video, salah satu dari 3 fitur AI yang diunggulkan dapat ditemukan. AI Night Vision Mode akan secara cerdas muncul untuk diaktifkan dan meningkatkan kecerahan tangkapan dalam frame meski di lingkungan redup cenderung gelap.

Performa

realme GT 6 menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 8s Gen 3 di Indonesia. Sesuai namanya, chipset ini mengedepankan performa unggulan disertai konsumsi daya efisien dan dukungan AI yang semakin baik dari generasi sebelumnya.

GT Series realme dikenal sebagai smartphone yang unggul untuk diajak gaming. Begitu lah yang bisa dirasakan di smartphone ini. Saat mencoba game terbaru Honor of Kings, realme GT 6 bisa sajikan grafis dengan konfigurasi batas atas sehingga tampilan dan gerakan terasa sangat memanjakan mata.

Bicara game populer yang dikenal berat, Genshin Impact, realme GT 6 juga mampu memberikan performa mulus dan grafis dengan pengaturan tertinggi. Selain minim bahkan nihil lag, pengendalian suhu realme GT 6 tergolong baik, di mana suhu tertinggi yang terukur hanya di sekitar 43 derajat, sehingga masih cukup nyaman untuk melanjutkan permainan.

Pengaturan suhu yang baik mungkin berkat penggunaan Iceberg Vapor Cooling System yang mumpuni. Menghadirkan 3D Tempered Dual VC berukuran 10.014mm², teknologi pendinginan ini dapat meningkatkan efisiensi pendinginan secara signifikan, membuat realme GT 6 mampu mencapai kinerja tinggi.

Makin lengkap, realme GT 6 berikan fitur Geek Power Tuning untuk opsi mengkonfigurasi besaran clock dari CPU dan GPU sesuai kebutuhan. Ada pula GT Mode untuk memaksimalkan kecepatan termasuk refresh rate dan touch response guna performa terbaik. Hasil AnTuTu benchmark realme GT 6 mencapai 1.465.640 poin serta Geekbenchnya 1889 untuk single-core dan 4755 untuk multi-core.

realme GT 6 dibekali RAM 12GB dan storage sebesar 256GB, tanpa dukungan kartu memori eksternal. Meski tidak terlalu besar untuk ukuran smartphone flagship masa kini, tapi teknologi storage yang digunakan UFS 4.0 Overclock yang cepat untuk membaca dan menulis data.

(Dok: realme)(Dok: realme)

Fitur AI Lainnya

Dua fitur AI lainnya yang menjadi highlight diawali dengan AI Smart Removal. Fitur ini dapat ditemukan saat ingin melakukan edit foto yang sudah diambil. AI Smart Removal berfungsi untuk menghapus objek baik benda atau orang yang masuk frame saat memotret.

Pengguna cukup menandai melalui “lasso” atau mengarsir objek yang ingin dihapus, dan secara cerdas akan dihilangkan dengan rapi. Perlu diingat fitur ini bisa dilakukan jika terhubung ke internet.

Fitur AI berikutnya yaitu AI Smart Loop, yang lebih bertujuan untuk mempermudah akses pengguna saat ingin berbagi konten multimedia seperti foto ke berbagai aplikasi lain. AI Smart Loop mampu mengenali konten yang ditampilkan dan memprediksi foto secara akurat, sehingga membuat alur interaksi lebih singkat dan terpersonalisasi. Secara default fitur ini tidak aktif sehingga perlu ke Setting-Special Feature-AI Assistant untuk mengaktifkannya.

Baterai

realme GT 6 membawa baterai berukuran 5500mAh yang diklaim mampu mempertahankan 80% kapasitasnya meski sudah 1.600 siklus pengisian penuh.

Pertahankan citra fast chargingnya, realme membenamkan teknologi 120W SUPERVOOC Charge ke realme GT 6. Oleh karena itu smartphone ini bisa diisi baterainya dari kosong hingga 100% hanya dalam waktu sekitar setengah jam saja dengan adaptor bawaan.

Jangan takut berbahaya, sebab realme mengatakan bahwa mereka memberikan jaminan keamanan yang baik karena telah memberikan 38 lapisan perlindungan pengisian daya.

Kesimpulan

realme berhasil menciptakan come back dengan realme GT 6 sebagai New Flagship Killer Powered by AI. Smartphone ini memenuhi semua checklist para penggemar teknologi di berbagai sektor. Bahkan harga yang diberikan juga tergolong kompetitif, jika membandingkan performa dan fitur yang diberikan layaknya smartphone kelas premium.

realme GT 6 menjadi smartphone pertama yang menitikberatkan AI sebagai penyempurna pengalaman pengguna. Sebagai smartphone yang mengunggulkan kemampuan performa, realme GT 6 juga berhasil menghadirkan kualitas fotografi layaknya kamera profesional. Semoga saja ke depannya keseriusan dalam pengembangan AI ini juga hadir di seri-seri lain di bawahnya.

Smartphone realme GT 6 bisa dibeli dengan harga khusus pada periode Flash Sale pada tanggal 25 Juni 2024 eksklusif di realme.com, Shopee, dan Akulaku. Pada pembelian di saluran offline seperti realme Brand Store dan toko mitra, pelanggan dapat memperoleh gratis realme Buds Air 5 serta berbagai fasilitas pembayaran senilai hingga Rp3.500.000, pada periode 25 Juni - 31 Juli 2024.

Pada setiap pembelian realme GT 6, Anda juga dapat memperoleh layanan purnajual eksklusif seperti 1 Tahun Proteksi Layar, Dedicated Spare Phone, 1-Hour Quick Repair, Free Round-Trip Shipping for Repairs, Send-In Repair Surprises, realme Care 50% Discount, dan Priority Service Channel*.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #review #realme #kembalinya #flagship #killer #tandem #chipset #powerful #hasilkan #performa #kelas #atas

KOMENTAR