Kenapa Hasil Kamera Instagram di Android Lebih Jelek? Ini Alasannya!
Ilustrasi Instagram (Unsplash)
16:24
20 Juni 2024

Kenapa Hasil Kamera Instagram di Android Lebih Jelek? Ini Alasannya!

Video pendek adalah tren baru di Instagram, TikTok, WhatsApp, dan Facebook. Sebagian besar orang mengambil foto dan video menggunakan fungsi kamera di aplikasi media sosial.

Namun, sebagian besar pengguna HP Android mengeluh bahwa kualitas video sangat jelek dibandingkan di iPhone. Berikut ini kemungkinan alasan di balik kualitas kamera aplikasi Instagram yang buruk di Android:

Aplikasi Instagram di iPhone vs Android

Pengembangan perangkat lunak sulit dilakukan, terutama untuk aplikasi media sosial seperti Instagram, di mana terdapat terlalu banyak hal yang terjadi. Pengguna mengabadikan media, mengunggahnya, memutarnya, dan bahkan berinteraksi dengan pengikut melalui DM.

Baca Juga: Beda dari Seri Lainnya, Samsung Galaxy S25 Ultra Bawa Peningkatan Kamera

Karena banyaknya fragmentasi perangkat keras di Android, sulit untuk menyertakan penyesuaian dan instruksi yang tetap standar di berbagai ponsel.

Berbagai jenis dan model kamera dengan ukuran dan resolusi layar ada di ponsel berbasis Android. Oleh karena itu, sulit untuk membuat aplikasi Android universal yang memberikan kualitas serupa di semua ponsel Android.

Itu sebabnya pengguna akan menemukan kualitas gambar yang berbeda ketika menggunakan kamera Instagram di iPhone. Selain itu, faktor-faktor lain ikut berperan dan sulit untuk mempersempit solusi umum yang berlaku untuk sebagian besar ponsel Android, atau bahkan semua ponsel.

Ilustrasi Instagram Reels (Pixabay/June Aye)Ilustrasi merekam dengan kamera Instagram. (Pixabay/June Aye)

Cara kerja kamera Instagram di Android

Saat pengguna membuka Stories atau mencoba mengambil foto atau video di Instagram untuk Android, layar aplikasi merekam tampilan tersebut daripada menggunakan kamera perangkat. Buka aplikasi kamera asli di ponsel Android dan mulai antarmuka kamera di dalam aplikasi Instagram. Kemudian, beralih di antara tampilan kamera kedua aplikasi, dan pengguna akan menemukan perbedaan nyata.

Baca Juga: Instagram = Mesin Uang? Temukan 5 Cara Menghasilkan Cuan di Sini!

Saat pengguna menekan tombol rana, Instagram mengambil screenshot layar untuk menyelesaikan pekerjaannya. Ini tidak sebagus perangkat keras kamera default di ponsel. Selain itu, pengguna kehilangan HDR dan pengaturan kamera lain yang disediakan untuk aplikasi kamera di ponsel.

Karena Instagram bukan aplikasi asli di iPhone, antarmuka kamera di dalamnya tidak dapat menikmati semua fitur dan opsi yang pengguna dapatkan di aplikasi kamera default.

Namun, beberapa produsen HP Android seperti Google dan Samsung pun memberikan peningkatan untuk menggunakan sensor kamera yang lebih baik.

Itulah kemungkinan alasan mengapa kualitas kamera di Instagram terlihat buruk di HP Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #kenapa #hasil #kamera #instagram #android #lebih #jelek #alasannya

KOMENTAR