Snapdragon 8 Gen 4 Bawa Arsitektur GPU Baru, Kinerja Lebih Baik
Qualcomm Snapdragon. [Qualcomm]
19:56
8 Juni 2024

Snapdragon 8 Gen 4 Bawa Arsitektur GPU Baru, Kinerja Lebih Baik

Chipset kelas atas Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 4, diharapkan meluncur pada kuartal keempat 2024. Menjelang perilisan, fitur Snapdragon 8 Gen 4 bocor ke publik.

Menurut leaker populer Digital Chat Station, Snapdragon 8 Gen 4 menggunakan arsitektur GPU yang baru. Chipset tersebut membawa teknologi kompresi cache dan memori yang ditingkatkan.

Teknologi anyar yang digunakan mampu meningkatkan pemanfaatan GPU sehingga memberikan kinerja yang lebih baik. Arsitektur anyar yang dimaksud disebut sebagai 'Slice GPU'.

Berdasarkan bocoran, teknologi baru memungkinkan peningkatan performa luar biasa pada sektor grafis. Dalam arsitektur Slice, GPU dibagi menjadi beberapa unit fisik independen yang disebut 'slices'.

Baca Juga: Redmi Note 14 Pro Diprediksi Bawa Chipset Anyar, Performa Lebih Kencang

Setiap irisan memiliki alur, cache, dan memorinya sendiri. Selain itu, mereka juga menggunakan teknologi yang bernama 'Dynamic Wave Pairing'. Dikutip dari Gizmochina, teknologi terbaru memungkinkan GPU mendistribusi tugas dengan lebih efisien.

GPU dapat menetapkan beban kerja ke berbagai bagian di dalamnya, lalu memilih bagian yang paling sesuai untuk menangani tugas spesifik tersebut. Ini memastikan bahwa GPU terus bekerja pada kapasitas optimalnya sehingga menghasilkan kinerja lebih baik.

Nantinya, Snapdragon 8 Gen 4 bakal menghadirkan persaingan ketat melawan Dimensity 9400 dan Exynos 2400. Melalui benchmark Geekbench sebelum ini, Snapdragon 8 Gen 4 disebut mengungguli performa chip terbaik Apple, A17 Pro.

Melalui pengujian Geekbench 6, Snapdragon 8 Gen 4 mencetak skor single-core sebesar 3.000 poin dan multi-core sebesar 10 ribu poin. Sebagai pembanding, Apple A17 Pro mencetak skor performa single-core 2.999 poin dan multi-core 7.903.

Performa single-core Snapdragon 8 Gen 4 cukup bersaing dengan Apple A17 Pro. Meski begitu, dapur pacu besutan Qualcomm unggul jauh melawan A17 Pro pada segi kinerja multi-core. Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 diharapkan debut pada Oktober mendatang. Berdasarkan bocoran, chipset membawa 'super-core' dengan clock speed 4.2 GHz.

Baca Juga: MediaTek Dimensity 7200 Ultra Setara dengan Snapdragon Berapa?

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #snapdragon #bawa #arsitektur #baru #kinerja #lebih #baik

KOMENTAR