5 Cara Cepat Viral di TikTok, Langsung Masuk FYP
Ilustrasi TikTok. [Unsplash/Collabstr]
08:40
4 Juni 2024

5 Cara Cepat Viral di TikTok, Langsung Masuk FYP

Jika pengguna baru menggunakan TikTok dan ingin membuat konten viral di platform tersebut, ada beberapa tips umum untuk menjadi viral di TikTok.

Berikut ini lima cara cepat untuk viral di TikTok dan konten dijamin masuk FYP:

1. Ikuti tren terbaru

TikTok berfungsi seperti media sosial, daripada hanya sekadar pembuatan konten. Oleh karena itu, pengguna harus berinteraksi dengan pengguna lain, tren, dan apa pun yang sedang populer di aplikasi saat ini.

Baca Juga: Cara Membuat Nada Dering HP Android Jadi Seperti iPhone

Jika ada sesuatu yang sangat populer di TikTok, pengguna akan memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral jika terlibat dengannya.

2. Gunakan hashtag dengan bijak

Hashtag atau tagar adalah komponen penting dari algoritme TikTok dan itu dapat menjadi cara efektif untuk menampilkan postingan pengguna kepada orang yang tepat.

Tak hanya konten, pengguna juga harus menggunakan hashtag yang sedang tren.

Jika pengguna membuat konten yang ditujukan untuk komunitas tertentu, menggunakan hashtag untuk menargetkan niche tersebut secara langsung adalah sesuatu yang harus dilakukan. Dengan menggunakan hashtag secara bijak, orang lain akan menemukan konten pengguna lebih mudah.

Baca Juga: Terancam Diblokir, TikTok Akhirnya Nyerah ke Pemerintah AS

3. Buat postingan yang singkat

Video TikTok bisa berdurasi 10 menit atau singkat hanya 15 detik. Namun, idealnya pengguna lain membuat video berdurasi 60 detik atau tiga menit.

Secara umum, video pendek lebih menarik perhatian di TikTok. Pengguna akan mendapat manfaat terbaik dengan membuat video yang paling menarik dan sesingkat mungkin.

Konten yang lebih panjang mungkin berhasil di TikTok, tetapi postingan yang paling mungkin menjadi viral adalah konten yang lebih pendek.

Ilustrasi TikTok. (TikTok)Ilustrasi TikTok. (TikTok)

4. Tarik perhatian dengan cepat

Untuk video YouTube, pengguna mungkin memiliki waktu beberapa menit agar seseorang dapat terus menontonnya, namun hal ini tidak berlaku untuk TikTok, terutama jika pengguna membuat postingan berdurasi satu menit.

Di detik-detik pertama video TikTok, pengguna harus memberikan alasan yang baik kepada pemirsa untuk menontonnya. Oleh karena itu, pengguna harus menarik perhatian pemirsa agar terus menonton video pengguna. Pengguna dapat menggunakan premis yang menarik di awal.

5. Ketahui waktu yang tepat

Secara umum, data menunjukkan ada keterlibatan yang lebih tinggi pada postingan yang ditayangkan pada waktu tertentu di hari tertentu.

Selalu atur waktu postingan pengguna untuk mendapatkan peluang viralitas terbaik, apa pun jenis konten yang dibuat.

Namun, bergantung pada lokasi atau audiens, pengguna mungkin ingin memposting pada waktu tertentu yang tidak sesuai dengan jumlah keterlibatan global. Yang terpenting adalah pahami kapan audiens target pengguna kemungkinan besar akan menelusuri TikTok.

Itulah beberapa tips yang dapat pengguna lakukan jika ingin cepat viral di TikTok.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #cepat #viral #tiktok #langsung #masuk

KOMENTAR