4 Cara Mengatasi Xiaomi Mi Band yang Gagal Mengisi Baterai
Ilustrasi Xiaomi Mi Band. (Xiaomi)
12:56
3 Juni 2024

4 Cara Mengatasi Xiaomi Mi Band yang Gagal Mengisi Baterai

Pengguna Xiaomi Mi Band harus mengisi daya baterai perangkat secara berkala sebelum menggunakannya. Namun, jika pengguna mendapati bahwa Mi Band bermasalah dan tidak bisa mengisi daya dengan benar, pengguna dapat mengikuti lima cara terbaik untuk memperbaiki masalah tersebut.

Sebelum memulai prosesnya, pengguna harus mengetahui cara mengecek apakah Mi Band sedang mengisi daya atau tidak. Jika Mi Band aktif, pengguna akan melihat simbol pengisian daya di Mi Band segera setelah menghubungkan pengisi daya.

Berikut ini empat cara untuk memperbaiki Mi Band yang tidak dapat mengisi daya baterai:

1. Hubungkan dengan benar

Baca Juga: 3 Trik Kamera Xiaomi untuk Mengambil Foto Jernih di Malam Hari

Ini memang masalah sepele, namun biasanya alasan utama di balik Mi Band yang tidak mengisi daya adalah karena posisinya yang salah pada kabel pengisi daya. Untuk mengatasinya, pengguna perlu memastikan bahwa bagian belakang sejajar dengan kabel pengisi daya.

Area silinder di bagian belakang harus sejajar dengan ruang yang tersedia di kabel pengisi daya. Jika ada ruang, Mi Band tidak akan mengisi daya.

Untuk menghindarinya, arahkan bagian belakang Mi Band ke arah pengguna saat memasukkannya ke dalam kabel pengisi daya agar pengguna dapat melihat posisinya. Selain itu, dorong kuat-kuat ke dalam kabel pengisi daya hingga terpasang dengan benar.

2. Tetap terhubung untuk beberapa saat

Jika pengguna memiliki Mi Band baru yang tidak dapat menyala atau daya Mi Band benar-benar habis, pengguna harus membiarkannya tidak disentuh selama sekitar 10 hingga 30 menit setelah dicolokkan dengan benar.

Baca Juga: Cara Mendeteksi Stalker di Facebook

Hal ini dilakukan karena daya Mi Band sudah terisi penuh. Meskipun pengguna mencolokkannya, pengguna tidak akan melihat simbol pengisian daya apa pun dengan cepat. Membiarkannya mengisi daya selama beberapa waktu akan mengisi ulang baterai.

Ketika itu terjadi, layar hitam Mi Band akan hilang, dan Mi Band akan aktif secara otomatis. Pengguna akan melihat simbol pengisian daya. Kemudian, isi daya hingga penuh.

Xiaomi Mi Band 4 dengan wristband [Android Authority].Xiaomi Mi Band.  [Android Authority].

3. Bersihkan pin pengisi daya

Jika Mi Band masih tidak dapat mengisi daya setelah mengikuti solusi di atas, pengguna perlu membersihkan titik kontak emas Mi Band dan kabel pengisi daya.

Pengguna dapat melakukannya dengan kapas, tisu, atau kain dengan menyekanya pada pin pengisi daya. Lakukan ini beberapa saat untuk menghilangkan debu.

4. Ubah metode pengisian daya

Jika pengguna menyambungkan kabel pengisi daya ke PC atau perangkat lain, pengguna dapat mencoba menyambungkannya ke pengisi daya ponsel (5V) lalu mengisi dayanya.

Selain itu, jika pengguna sudah menggunakan pengisi daya ponsel, coba pengisi daya lain.

Beberapa cara di atas dapat pengguna lakukan jika mengalami masalah Xiaomi Mi Band yang tidak berfungsi saat mengisi daya baterai.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengatasi #xiaomi #band #yang #gagal #mengisi #baterai

KOMENTAR