Kartu SD Nggak Terdeteksi di Android? Begini Cara Mengatasinya
Kartu SD. [Pixabay]
12:00
1 Juni 2024

Kartu SD Nggak Terdeteksi di Android? Begini Cara Mengatasinya

Pengguna dapat memperluas penyimpanan ponsel menggunakan kartu SD. Ini memungkinkan pengguna menyimpan berbagai data, seperti foto dan video. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Hp Android pengguna gagal mendeteksi atau menampilkan kartu SD.

Jika hal itu terjadi, ada beberapa cara yang dapat pengguna lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini tiga solusi yang bisa dicoba:

1. Mulai ulang ponsel

Terkadang, ponsel Android mungkin gagal mendeteksi atau menampilkan kartu SD karena gangguan sementara terkait OS. Memulai ulang ponsel biasanya membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Baca Juga: Oppo Reno12 F Siap Debut di Pasar Global, Dukung Fast Charging 45 W

Cukup tekan dan tahan tombol daya di ponsel, kemudian pilih Mulai Ulang. Setelah ponsel di-boot ulang, periksa apakah kartu SD ditampilkan di pengaturan penyimpanan atau aplikasi pengelola file.

2. Periksa kartu SD dan masukkan dengan benar

Pastikan titik kontak logam pada kartu SD bersih dan bebas dari kotoran atau debu. Pengguna dapat menggunakan kain kering yang lembut untuk membersihkannya.

Masukkan kembali kartu SD ke ponsel. Setelah itu, periksa apakah kartu SD muncul.

Kartu SD. [Pexel]Kartu SD. [Pexel]

3. Instal pembaruan Android

Baca Juga: Kapan Xiaomi HyperOS 2.0 Terbaru Rilis? Fitur Baru Apa yang Dihadirkan?

Bug dan gangguan dalam Android atau skin khusus pada ponsel juga dapat menyebabkan masalah tersebut. Untungnya, baik Google maupun produsen ponsel biasanya cepat mengatasi dan memperbaiki masalah besar tersebut melalui pembaruan perangkat lunak.

Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak yang tertunda di ponsel, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Settings di ponsel.
  • Gulir ke bawah untuk mengetuk Software update dan pilih Download and install dari menu berikut.

Tunggu hingga ponsel mengunduh pembaruan yang tertunda dan menginstalnya. Setelah memperbarui Android ke versi terbaru, periksa apakah kartu SD sudah terdeteksi.

Itulah beberapa solusi yang dapat pengguna lakukan untuk mengatasi masalah kartu SD yang tidak terdeteksi di HP Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #kartu #nggak #terdeteksi #android #begini #cara #mengatasinya

KOMENTAR