QNED TV, Inovasi Teknologi Quantum Dot dan NanoCell Berbasis AI
Perkenalan teknologi QNED TV LG di Jakarta, Selasa (28/5/2024). [Suara.com/Dythia Novianty].
14:56
28 Mei 2024

QNED TV, Inovasi Teknologi Quantum Dot dan NanoCell Berbasis AI

Teknologi TV semakin berkembang, kini telah hadir QNED TV di Indonesia, yang mengedepankan teknologi quantum dot dan nanocell berbasis AI.

PT. LG Electronics Indonesia (LG) menyatakan siap memperluas keberadaan QNED TV di jajaran TV premium Indonesia.

QNED TV berbasis panel LED, dikatakan dapat memenuhi kebutuhan pasar TV premium yang terus meluas seiring semakin besarnya harapan pengguna pada keberadaan TV.

"Menjadi representasi keberhasilan LG dalam menggabungkan teknologi terkini LED dengan inovasi LG,” ujar Park Jae Il – Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Baca Juga:Acer Swift 14 AI, Laptop Pertama dengan Fitur Copilot Plus PC dan Bertenaga Snapdragon X Series

Pernyataan ini, menurutnya, terkait erat dengan evolusi teknologi panel TV.

LED tumbuh menjadi teknologi panel TV yang terus bertahan dan mengalami berbagai pengembangan teknologi.

Perkenalan teknologi QNED TV LG di Jakarta, Selasa (28/5/2024). [Suara.com/Dythia Novianty].Perkenalan teknologi QNED TV LG di Jakarta, Selasa (28/5/2024). [Suara.com/Dythia Novianty].

Penamaan QNED TV pun tersusun dari dua teknologi utama panel LED didalamnya yaitu Quantum Dot dan NanoCell (Emitting Diode).

Quantum Dot menjadi teknologi terkini panel TV LED atau singkatnya teknologi ini bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal.

Dengan memiliki tiga sumber cahaya yang tiap sumbernya menghasilkan warna dasar berbeda, butiran kristal dengan memanfaatkan karakteristiknya, mampu mereproduksi cahaya lebih baik untuk menghasilkan warna lebih akurat dengan kontras lebih tinggi.

Baca Juga:5 Cara Mengubah TV Biasa jadi Smart TV, Nggak Bikin Ribet

“Keunggulan inilah yang kemudian membuat semakin banyak pabrikan yang menggunakan teknologi Quantum Dot pada TV LED kelas premiumnya,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Meski ditawarkan berbagai merek dalam berbagai nama berbeda, menurutnya lagi, pengguna akan sulit mengenali perbedaan nyata pada kualitas gambar dari layarnya.

Hal ini dikatakannya karena pengembangan hanya dilakukan dengan menambahkan fasilitas lainnya sebagai kelengkapan TV LED berbasis Quantum Dot ini.

Berbeda halnya dengan LG, menurutnya lagi, QNED TV hadir menjadi pengembangan dengan mengkolaborasikan teknologi NanoCell milik LG sendiri pada panel LED berbasis Quantum Dot.

“Tak hanya penambahan fasilitas untuk kenyamanan, kolaborasi kedua teknologi ini menyentuh dan sekaligus meningkatkan performa reproduksi warna layar TV,” ujar Hyunjin Kim as Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Teknologi NanoCell LG sendiri berupa lapisan nanopartikel ekstra. Tersemat pada panel LED, lapisan ini berfungsi sebagai filter warna yang menyaring cahaya dalam panjang gelombang cahaya yang dihasilkan panel LED dengan Quantum Dot tadi.

Proses ini menghasilkan spektrum warna lebih luas, tampilan lebih terang dengan kedalaman warna lebih dramatis.

Perkenalan teknologi QNED TV LG di Jakarta, Selasa (28/5/2024). [Suara.com/Dythia Novianty].Perkenalan teknologi QNED TV LG di Jakarta, Selasa (28/5/2024). [Suara.com/Dythia Novianty].

Hal ini dikatakannya akan tampak sangat terasa pada visual kaya warna dengan gradasi tinggi pada pertemuan antar warna.

“Kenyamanan utama yang berasal dari kolaborasi teknologi panel LED inilah yang membuat kami lebih memilih mengembangkan QNED TV lebih dari sekedar LED dengan Quantum Dot,” ujar Geum Sub Shin - R&D HW DVB Team Leader of LG Electronics R&D Center.

Namun demikian, lanjutnya lagi, LG pun akan menyematkan berbagai fitur dan teknologi dukungan lainnya untuk menjadikan QNED TV benar-benar dapat menjawab kebutuhan peminat TV premium di Indonesia.

Termasuk didalamnya dengan menggunakan prosesor berbasia kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) yang akan menambah kekuatan dalam pengaturan performa visual sekaligus audio.

Disisi lain, dikatakannya pula, kenyamanan pengguna QNED TV akan semakin tinggi dengan keberadaan versi terbaru webOS yang merupakan platform smart TV LG.

LG menyatakan tengah dalam persiapan untuk membawa model QNED TV terbarunya bagi pasar Indonesia.

“Tak sampai dari tengah tahun ini, model terbaru QNED TV LG akan kami hadirkan," pungkas Park Jae Il.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #qned #inovasi #teknologi #quantum #nanocell #berbasis

KOMENTAR