4 Cara Melihat Pesan yang Dihapus di WhatsApp, Anti Gagal!
Ilustrasi WhatsApp. (Freepik)
12:08
28 Mei 2024

4 Cara Melihat Pesan yang Dihapus di WhatsApp, Anti Gagal!

Jika pengguna tidak secara sengaja meghapus beberapa pesan WhatsApp atau orang lain menghapus pesan yang mereka kirim, pengguna masih dapat melihat pesan yang dihapus dengan mudah.

Ada empat cara untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, berikut ini cara melakukannya:

1. Periksa riwayat atau log notifikasi

Jika pengguna ingin melihat pesan yang baru saja dihapus orang lain, cobalah metode ini. Di perangkat Android, pengguna dapat melihat riwayat notifikasi dan mudah-mudahan masih menampilkan pesan yang terhapus.

Baca Juga:Rahasia Terjaga, Ini Cara Memburamkan Rumah di Google Maps Street View

Di ponsel Android, buka Settings dan navigasikan ke Notification, lalu pilih Notification history.

Untuk dapat melihat riwayat notifikasi, pengguna harus mengaktifkan opsi tersebut sebelumnya. Lakukan ini dengan mengakses Settings > Notifications > Notification history, dan mengaktifkan tombol Use notification history di bagian atas.

Pengguna akan melihat daftar notifikasi terbaru dalam 24 jam terakhir. Jika orang lain menghapus pesan setelah pemberitahuan dikirim ke perangkat, pengguna akan dapat melihatnya di riwayat notifikasi.

Di iPhone, meskipun pengguna dapat melihat notifikasi lama dari Notifications Center, namun peringatan untuk pesan yang dihapus di WhatsApp akan hilang dari tampilan, sehingga metode ini hanya cocok untuk Android.

2. Instal ulang aplikasi

Baca Juga:Cara Membisukan Kata dan Hashtag di X

Jika pengguna ingin memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus, coba instal ulang aplikasi tersebut. Jika sebelumnya pengguna telah membuat cadangan obrolan, pengguna mungkin dapat memulihkan pesan yang hilang.

Android

Google menawarkan opsi untuk mencadangkan obrolan ke Google Account. Pastikan pengguna telah menetapkan akun di WhatsApp sebelum membuat cadangan WhatsApp. Untuk memeriksanya, tekan tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Settings > Chats > Chat backup.

Kemudian ketuk Google Account. Jika pengguna memiliki beberapa akun Google, pilih salah satu yang memiliki penyimpanan paling banyak. Ketuk tombol Backup untuk memulai proses pencadangan.

Kapan pun pengguna perlu memulihkan pesan yang hilang, hapus instalan aplikasi, unduh lagi dari Google Play Store, dan instal ulang di perangkat. Aplikasi ini akan memindai cadangan yang tersedia. Setelah menemukannya, ketuk Restore > Next.

  • Di Android, pengguna juga dapat mencadangkan dan memulihkan obrolan individual. Buka Settings > Chats > Chat history.
  • Pilih Export chat.
  • Pilih obrolan yang ingin diekspor, dan pilih apakah pengguna ingin obrolan tersebut menyertakan media.

Cadangan akan tersedia dalam file ZIP, yang dapat langsung dibagikan untuk menyimpan dan melihat obrolan penting dalam hitungan detik. Ini adalah solusi yang lebih mudah untuk memulihkan pesan yang hilang dengan cepat.

iPhone

WhatsApp di perangkat iOS mengandalkan akun iCloud untuk pencadangan. Pengguna apat membuat cadangan semua obrolan atau memilih untuk mencadangkan obrolan satu per satu.

  • Untuk membuat cadangan besar di WhatsApp, tekan tombol Settings di menu bawah, lalu pilih Chats > Chat backup.
  • Tekan tombol Back up now.
  • Saat pengguna menginstal ulang WhatsApp dari App Store, tekan Restore > Next untuk mengembalikan pesan yang terhapus.
Ilustrasi chat WhatsApp. [Istimewa]Ilustrasi chat WhatsApp. [Istimewa]

3. Pulihkan dari iCloud

Jika pengguna menggunakan iPhone, maka pengguna dapat memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus dengan menggunakan cadangan lengkap iCloud.

  • Buka Settings di iPhone untuk membuat cadangan iCloud. Ketuk nama atau Apple ID pengguna di bagian atas layar.
  • Klik iCloud > pilih iCloud Backup di bawah Device Backups.
  • Pastikan opsinya aktif. Jika tidak, aktifkan tombol di sebelah Back Up This Phone, lalu tekan tombol Back Up Now.
  • Reset perangkat ke setelan pabrik.
  • Saat pengguna menyiapkan perangkat sekali lagi, pilih opsi Restore from iCloud Backup  di bagian Apps & Data.
  • Instal WhatsApp dan masuk dengan nomor telepon yang sama. Pesan WhatsApp yang dihapus akan muncul.

4. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika metode yang dibahas di atas belum memberikan hasil, pengguna juga dapat mencoba melihat pesan Whatsapp yang dihapus melalui aplikasi pihak ketiga.

Di Android, cobalah Notisave. Aplikasi ini akan menyimpan semua pesan WhatsApp yang diterima melalui aplikasi. Jika teman bicara memutuskan untuk menghapus beberapa pesannya di percakapan, pengguna masih dapat melihat keseluruhan obrolan tanpa perubahan di aplikasi Notisave.

Cukup unduh dan instal aplikasi Notisave di perangkat. Saat pertama kali meluncurkan aplikasi, pengguna harus memberikan beberapa izin.

Sekarang setiap kali pengguna menerima pesan baru di WhatsApp, pesan tersebut akan muncul dalam grup dalam percakapan di aplikasi Notisave.

Sementara itu, pengguna iPhone dapat mencoba aplikasi seperti PhoneRescue. Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #melihat #pesan #yang #dihapus #whatsapp #anti #gagal

KOMENTAR