Cara Mematikan Fitur SOS Darurat di Android
Ilustrasi mode SOS. [Pexels/Tima Miroshnichenko]
11:40
28 Mei 2024

Cara Mematikan Fitur SOS Darurat di Android

SOS Darurat atau Emergency SOS adalah fitur di Android yang dapat diandalkan ketika pengguna memerlukan bantuan. Namun, hal ini bisa juga dipicu secara tidak sengaja. Untungnya, pengguna dapat mematikan fitur SOS Darurat tersebut.

Berikut ini cara menonaktifkan fitur untuk menghentikan panggilan darurat SOS yang tidak disengaja ke layanan darurat:

Cara mematikan Emergency SOS di Android

  • Buka Settings.
  • Pilih opsi Safety & emergency di perangkat yang menjalankan Android 12 atau lebih baru dan Advanced settings di Android 11 atau lebih lama.
  • Pilih Emergency SOS.
  • Matikan opsi Use Emergency SOS. Tombol ini mungkin memiliki nama lain di perangkat lain. Misalnya, pada perangkat vivo, ini disebut SOS Call.

Jika pengguna tidak ingin membiarkan fitur ini diaktifkan tetapi tidak ingin terhubung ke layanan darurat setiap kali SOS Darurat diaktifkan, matikan Call emergency services di bawah Emergeny actions. Ini akan mencegah perangkat menghubungi layanan darurat namun tetap terhubung ke kontak darurat.

Baca Juga:Cara Membisukan Kata dan Hashtag di X Ilustrasi mode SOS. [Unsplash/Mohammad Amin Javid]Ilustrasi mode SOS. [Unsplash/Mohammad Amin Javid]

Untuk menonaktifkan pesan Emergency SOS di perangkat Samsung yang menjalankan One UI:

  • Buka Settings.
  • Pilih Safety & emergency.
  • Ketuk Send SOS messages, lalu matikan Send SOS messages di layar berikutnya.

Apa yang terjadi jika tidak sengaja menelepon Emergency SOS?

SOS Darurat di Android dirancang untuk memperingatkan daftar kontak darurat atau layanan darurat saat diaktifkan. Fitur ini biasanya diaktifkan dengan menekan tombol daya tiga hingga lima kali berturut-turut dengan cepat, namun perangkat yang lebih baru dapat memicu fitur tersebut jika terdeteksi terjatuh atau terhenti secara tiba-tiba.

Dalam skenario ini, pengguna memiliki waktu lima detik untuk membatalkan peringatan. Jika pengguna tidak membatalkannya, layanan darurat akan dihubungi.

Jika fitur Emergency SOS memicu panggilan ke layanan darurat dan pengguna tidak dapat membatalkannya, beri tahu operator darurat bahwa itu adalah panggilan yang tidak disengaja.

Baca Juga:Cara Ubah Gambar Jadi Wallpaper Keren di Android

Itulah cara menonaktifkan fitur Emergency SOS di HP Android.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mematikan #fitur #darurat #android

KOMENTAR