Daftar Laptop dengan Copilot+ PC, Calon Pembunuh MacBook Apple
MacBook Air M3. [Apple]
16:00
22 Mei 2024

Daftar Laptop dengan Copilot+ PC, Calon Pembunuh MacBook Apple

Microsoft baru saja memperkenalkan PC Windows baru dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang disebut PC Copilot+.

Executive Vice President Consumer Chief Marketing Officer Microsoft, Yusuf Mehdi mengklaim kalau PC Copilot+ adalah PC Windows tercepat dan tercerdas yang pernah dibuat.

"Dengan silikon baru berkemampuan 40+ TOPS (trillion operations per second), baterai yang tahan sepanjang hari, dan akses ke model AI paling canggih, PC Copilot+ akan memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan di PC lainnya," katanya dalam siaran pers, Rabu (22/5/2024).

Mehdi mengatakan, pihaknya memperkenalkan sistem arsitektur yang baru untuk menyatukan kekuatan CPU, GPU, dan kini Neural Processing Unit (NPU) performa tinggi terbaru. Ketiganya terhubung sekaligus ditingkatkan oleh model bahasa besar (large language models/LLM) di Azure Cloud.

Hal itu membuat PC Copilot+ dapat meraih tingkat kinerja yang belum pernah dilihat sebelumnya. Mereka 20x lebih kuat dan 100x lebih efisien untuk menjalankan beban kerja AI dan memberikan akselerasi AI terdepan di industri.

"Mereka mengungguli Apple MacBook Air 15 inci hinga 58 persen dalam kinerja multithreaded berkelanjutan, dengan pada saat yang sama memberikan masa pakai baterai sepanjang hari," lanjutnya.

"Dengan efisiensi luar biasa, PC Copilot+ mampu beroperasi selama 22 jam pemutaran video lokal atau 15 jam penelusuran web dengan sekali pengisian daya. Itu 20% lebih banyak baterai untuk pemutaran video lokal dibandingkan MacBook Air 15 inci," sambung dia lagi.

Daftar laptop dengan PC Copilot+

Mehdi menyebut kalau Microsoft telah bekerja sama dengan setiap OEM terkemuka seperti Acer, ASUS, Dell, HP, Lenovo, Samsung, hingga produknya sendiri, Surface. Jajaran laptop tersebut bakal diluncurkan pada 18 Juni 2024 mendatang.

Berikut laptop yang diperkuat PC Copilot+

1. Acer
Layar sentuh Acer Swift 14 AI 2.5K memungkinkan Anda menggambar dan mengedit visi Anda dengan lebih akurat dan dengan warna yang presisi. Mulai dan temukan fitur-fitur yang ditingkatkan AI, seperti Acer PurifiedVoice 2.0 dan Purified View, dengan sentuhan tombol AcerSense khusus.

2. ASUS
ASUS Vivobook S 15 adalah perangkat kuat yang menghidupkan pengalaman AI dengan Snapdragon X Elite Platform dan Qualcomm® AI bawaan. Ini memiliki lebih dari 40 NPU TOPS, sistem pendinginan dual-fan, dan hingga 1 TB penyimpanan.

Peningkatan AI generasi berikutnya termasuk efek Windows Studio v2 dan kamera ASUS AiSense, dengan kemampuan deteksi keberadaan untuk Adaptive Dimming dan Lock.

Dibangun untuk mendukung portabilitas, laptop ini memiliki desain yang seluruhnya metal yang sangat tipis dan ringan, baterai dengan kapasitas tinggi, serta gaya premium dengan keyboard RGB backlit single-zone.

3. Dell
Dell meluncurkan lima PC Copilot+ baru, termasuk XPS 13, Inspiron 14 Plus, Inspiron 14, Latitude 7455, dan Latitude 5455, menawarkan beragam pilihan untuk konsumen dan komersial yang memberikan daya tahan baterai yang revolusioner dan pengalaman AI yang unik.

XPS 13 ditenagai oleh prosesor Snapdragon X Elite dan memiliki desain premium dan futuristik, sementara Latitude 7455 memiliki layar QHD+ yang menakjubkan dan speaker quad dengan noise reduction AI. Inspiron 14 dan Inspiron 14 Plus dilengkapi dengan Snapdragon X Plus 1 dan dibuat dengan aluminium ringan, rendah karbon, serta hemat energi dengan peringkat EPEAT Gold.

4. HP
HP OmniBook X PC AI dan PC AI HP EliteBook Ultra G1q dengan Snapdragon X Elite memiliki desain ramping dan elegan, memberikan kinerja canggih dan mobilitas untuk pengalaman komputasi yang lebih personal.

Fitur-fitur meliputi daya tahan baterai yang tahan lama dan alat produktivitas yang didukung AI, seperti transkripsi real-time dan ringkasan rapat. Kamera 5MP dengan framing otomatis dan fokus mata didukung oleh audio kristal jelas Poly Studio untuk meningkatkan interaksi virtual.

5. Lenovo
Lenovo meluncurkan dua PC AI: satu dibangun untuk konsumen, Yoga Slim 7x, dan satu untuk komersial, ThinkPad T14s Gen 6. Yoga Slim 7x membawa efisiensi untuk kreatif, menampilkan layar sentuh 14,5” dengan Dolby Vision 3K dan daya yang dioptimalkan untuk rendering 3D dan pengeditan video.

T14s Gen 6 membawa pengalaman level perusahaan dan kinerja AI ke aktivitas Anda, dengan fitur-fitur termasuk penutup privasi webcam, konektivitas Wi-Fi 7, dan hingga 64GB RAM.

6. Samsung
Samsung Galaxy Book4 Edge baru dari Samsung sangat tipis dan ringan, dengan layar AMOLED 2x resolusi 3K dan konektivitas Wi-Fi 7. Perangkat ini memiliki baterai yang tahan lama dengan kapabilitas hingga 22 jam pemutaran video, menjadikannya sempurna untuk bekerja atau hiburan saat bepergian.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #daftar #laptop #dengan #copilot #calon #pembunuh #macbook #apple

KOMENTAR