Mengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC, Pahami sebelum Membeli TWS
TWS Eggel EnergyBuds 2. [Eggel]
14:40
17 Januari 2024

Mengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC, Pahami sebelum Membeli TWS

Mengenal codec audio bluetooth seperti SBC, AAC, aptX, dan LDAC menjadi salah satu hal mungkin berguna buat Anda penikmat musik yang hendak membeli bluetooth baru. Seperti TWS hingga headset bluetooth yang menggunakan salah satu codec audio tersebut.

Bluetooth menjadi salah satu perangkat penting bagi pecinta musik. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil suara terbaik, maka Anda perlu mempertimbangkan codec Bluetooth mana yang ingin Anda pilih.

Sebab, codec Bluetooth mana yang digunakan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas suara yang Anda peroleh antara perangkat sumber dan headphone atau speaker. 

Codec Bluetooth yang berbeda memiliki bitrate yang berbeda dan cara yang berbeda dalam mengkompresi dan memproses data selama transmisi. 

Jadi, jika Anda ingin mendengarkan musik melalui perangkat Bluetooth dengan kualitas terbaik, Anda perlu menggunakan codec Bluetooth dengan kualitas lebih tinggi daripada codec AAC dan SBC.

Ya, saat ini setidaknya ada setidaknya empat codec bluetooth yang kerap digunakan, keempatnya adalah SBC, AAC, aptX, LDAC.

Dalam artikel ini, telah merangkum pengertian dan beberapa informasi penting tentang SBC, AAC, aptX, LDAC.

Mengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC,

1. SBC

Kedalaman Bit: 16-bit
Tingkat Pengambilan Sampel: Hingga 48kHz
Kecepatan Bit: 328Kbps

SBC, atau codec subband, adalah codec default (dan satu-satunya) yang didukung oleh sebagian besar perlengkapan audio berbiaya rendah dan merupakan perangkat yang sering digunakan ketika opsi kualitas lebih tinggi tidak tersedia. 

SBC tidak buruk sebab codec ini mampu menghasilkan kualitas audio yang lebih baik daripada CD dalam hal kedalaman bit dan kecepatan pengambilan sampel (masing-masing 16-bit dan 48kHz), tetapi itu hanya dalam kondisi yang paling ideal. 

Latensi dengan SBC juga tinggi, artinya tidak cocok untuk bermain game. Semua perangkat Bluetooth setidaknya harus mendukung SBC.

Pada headphone yang bagus dan dengan materi sumber yang bagus, Anda mungkin dapat dengan mudah mendengar perbedaan antara memutar audio melalui SBC dan codec kelas atas, jadi kami menyarankan Anda menggunakan SBC hanya jika Anda tidak punya pilihan lain.

Codec itu sendiri belum tentu menjadi batasan di sini, melainkan cara implementasinya. Penjelasan lebih dalam dari Proyek Lineage OS merinci bagaimana kombinasi mode Saluran Ganda SBC dan profil kualitas eXtreme (SBC XQ) dapat menghasilkan hasil yang menyaingi AptX HD.

Penerus SBC, LC3 (Low Complexity Communication Codec), yang kini secara resmi melewati tahap pengembangan, menjanjikan lebih efisien, mendukung kedalaman bit lebih banyak (hingga 32-bit), dan bekerja pada rentang bit rate yang lebih luas.

2. AAC

Kedalaman Bit: Hingga 24-bit
Tingkat Pengambilan Sampel: 44.1kHz
Kecepatan Bit: Hingga 320Kbps

AAC (Advanced Audio Codec) adalah codec Bluetooth yang digunakan Apple. Namun yang perlu diketahui, SBC menawarkan laju pengambilan sampel (sedikit) lebih baik dan laju bit maksimum dibandingkan AAC, meskipun kinerjanya lebih buruk, terutama pada perangkat Apple. 

Hal ini karena AAC menggunakan algoritma kompresi yang unggul, dan ponsel, tablet, serta headphone Apple dapat menjalankan codec yang berpotensi menghabiskan baterai ini secara efisien. 

Hasilnya, AAC terdengar kurang lossy dibandingkan SBC. Namun, latensinya tidak terlalu rendah, jadi seperti SBC, ini tidak ideal untuk bermain game.

Anda dapat menggunakan AAC di ponsel Android, tetapi OS tersebut biasanya tidak memprosesnya secara efektif, sehingga menyebabkan penurunan kualitas audio.

3. AptX

Kedalaman Bit: 16-bit (AptX); Hingga 24 bit (AptX HD)
Tingkat Pengambilan Sampel: 48kHz (AptX); 48kHz (AptX HD)
Kecepatan Bit: Hingga 384Kbps (AptX); 576Kbps (AptXHD)

Ada beberapa versi codec AptX Qualcomm, masing-masing dengan tujuan berbeda. Beberapa di antaranya adalah AptX standar, AptX LL (latensi rendah) untuk bermain game, AptX HD untuk audio berkualitas tinggi, dan AptX Adaptive, yang menggunakan kecepatan bit adaptif untuk menawarkan kombinasi latensi lebih rendah dan kualitas lebih tinggi. 

AptX HD adalah pilihan terbaik untuk audiofil karena kecepatan bitnya terkunci pada tingkat tinggi.

Varian AptX lain yang perlu diperhatikan adalah AptX Lossless. Ini menggabungkan beberapa kualitas terbaik AptX Adaptive dan AptX HD. Ia menggunakan kecepatan bit adaptif yang berskala dari 140Kbps hingga 1Mbps, yang bahkan lebih tinggi dari LDAC. 

Dukungan untuk codec ini masih jarang, tetapi beberapa ponsel dan headphone mulai disertakan bersama codec ini.

Qualcomm memiliki sumber daya yang berguna untuk menemukan berbagai produk yang mendukung masing-masing standar ini, dan AptX Lossless (Snapdragon Sound dengan AptX Lossless) kini menjadi opsi di menu drop-down.

4. LDAC

Kedalaman Bit: Hingga 24-bit
Tingkat Pengambilan Sampel: Hingga 96kHz
Kecepatan Bit: Hingga 990Kbps

Jika Anda ingin memaksimalkan spesifikasi saat streaming melalui Bluetooth, codec LDAC Sony menawarkan kemampuan yang luar biasa. 

Streamingnya mencapai 990Kbps, dengan laju pengambilan sampel hingga 96kHz. Ini memungkinkan beberapa audio berkualitas tertinggi pada saat terbaiknya, tetapi mode fallbacknya cukup sejalan dengan codec lainnya, serendah 16-bit dan 330Kbps. 

Anda dapat memaksa LDAC untuk selalu memutar pada kecepatan bit tertinggi, namun hal ini dapat memengaruhi pemutaran jika kondisi streaming tidak ideal. 

Sebaliknya, AptX HD tetap pada kecepatan bit yang konstan, sehingga mungkin memberikan lebih banyak konsistensi pada pengalaman mendengarkan Anda.

Perangkat iOS Apple tidak mendukung LDAC, tetapi karena ini adalah bagian dari Proyek Sumber Terbuka Android ( AOSP ), sebagian besar perangkat Android harus mendukungnya. 

Dan, seperti kebanyakan codec lain dalam daftar ini, latensi juga menjadi masalah pada LDAC, jadi sekali lagi ini tidak cocok untuk bermain game.

Itulah beberapa informasi penting tentang codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC yang mungkin sedang Anda cari.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #mengenal #codec #audio #bluetooth #aptx #ldac #pahami #sebelum #membeli

KOMENTAR